Implementasi Model Pembelajaran Berbasis Seling (BCCT) di Raudhlatul Athfal (RA) AL-Muna Kota Semarang

Nurul Afifah, Siti (2012) Implementasi Model Pembelajaran Berbasis Seling (BCCT) di Raudhlatul Athfal (RA) AL-Muna Kota Semarang. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Walisongo.

[img]
Preview
Text
083111176_Coverdll.pdf - Cover Image

Download (2MB) | Preview
[img]
Preview
Text
083111176_Bab1.pdf - Accepted Version

Download (367kB) | Preview
[img]
Preview
Text
083111176_Bab2.pdf - Accepted Version

Download (512kB) | Preview
[img]
Preview
Text
083111176_Bab3.pdf - Accepted Version

Download (187kB) | Preview
[img]
Preview
Text
083111176_Bab4.pdf - Accepted Version

Download (351kB) | Preview
[img]
Preview
Text
083111176_Bab5.pdf - Accepted Version

Download (119kB) | Preview
[img]
Preview
Text
083111176_Bibliografi.pdf - Bibliography

Download (134kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui implementasi pembelajaran berbasis seling di Raudhlatul Athfal (RA) Al Muna Kota Semarang. Teknik pengumpulan data diperoleh dengan menggunakan: 1). Observasi yaitu untuk mengetahui proses pelaksanaan pendekatan Seling (BCCT) di Raudhlatul Athfal (RA) Al Muna Kota Semarang. 2). Interview yaitu untuk mengetahui tentang berbagai informasi yang berhubungan dengan pelaksanaan pendekatan pembelajaran Seling (BCCT) di Raudhlatul Athfal (RA) Al Muna Kota Semarang, serta mengetahui faktor-faktor pendorong dan penghambat diterapkannya pendekatan pembelajaran seling (BCCT). 3). Dokumentasi yaitu untuk memperoleh data berhubungan dengan penerapan pembelajaran seling (BCCT) seperti rencana pembelajaran, jadwal pembelajaran, dokumen kegiatan dan lainlain. Hasil penelitian ini meliputi pertama pendekatan seling (BCCT) di Raudhlatul Athfal (RA) Al Muna Kota Semarang terwujud dalam proses pembelajaran di sentra-sentra main yang dilaksanakan dalam empat jenis pijakan yaitu pijakan lingkungan, pijakan sebelum main, pijakan saat main, dan pijakan setelah main. Pada praktiknya pengembangan kreativitas melalui pendekatan seling (BCCT) sudah mendekati teori yang ada. Hal ini dibuktikan dengan adanya semangat anak-anak ketika mengikuti kegiatan di sentra-sentra main dan munculnya ide-ide baru yang terlihat ketika anak mengikuti kegiatan yang berlangsung. Sehingga anak bisa mengembangkan kemampuan yang mereka miliki. Dengan menghasilkan hasil karya sesuai dengan ide- ide baru yang muncul pada anak. Selain guru sebagai motivator dan fasilitator guru juga memberi dukungan kepada anak ketika mengikuti kegiatan. Sehingga anak merasa nyaman serta tidak takut melakukan kesalahan. Kedua faktor yang mendukung antara lain berasal dari guru, kepala sekolah, anak, orang tua, sarana dan prasarana serta lingkungan. Seorang anak yang mendapat dukungan, motivasi dan diberikan fasilitas akan mampu mengembangkan potensi yang di miliki. Karena anak akan merasa nyaman, bebas, dan dapat berkreasi sesuai dengan yang di inginkan. Peran guru dan orang tua sangat membantu untuk mengembangkan kre ativitas yang di miliki oleh anak. Selain sebagai faktor pendukung, guru dan anak juga sebagai faktor penghambat dalam pendekatan Seling (BCCT) di Raudhlatul Athfal (RA) Al Muna Kota Semarang. Berdasarkan hasil penelitian ini di harapkan akan menjadi bahan informasi dan bahan masukan bagi mahasiswa, tenaga pendidik, para peneliti dan semua pihak yang membutuhkan terutama di lingkungan Fakultas Tarbiyah IAIN Walisongo Semarang.

[error in script]
Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Pembelajaran Berbasis Seling (BCCT); Raudhlatul Athfal (RA)
Subjects: 200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.7 Propagation of Islam > 297.77 Islamic religious education
Depositing User: Arman Khairon
Date Deposited: 13 Dec 2013 02:46
Last Modified: 13 Dec 2013 02:46
URI: http://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/886

Actions (login required)

View Item View Item