Pendidikan nasionalisme pada madrasah ibtidaiyah di lingkungan Pondok Pesantren Al-Hadi Mranggen kabupaten Demak

Mujib, Kholil (2018) Pendidikan nasionalisme pada madrasah ibtidaiyah di lingkungan Pondok Pesantren Al-Hadi Mranggen kabupaten Demak. Undergraduate (S1) thesis, UIN Walisongo Semarang.

[img]
Preview
Text
skripsi full.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (5MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pelaksanaan pendidikan nasionalisme di luar proses pembelajaran pada MI AL- HADI 01 di lingkungsn pondok pesantren Mrangen Demak. Penelitian ini juga bertujuan untuk mengetahui faktor-faktor pendukung dan kendala yang dihadapi dalam pelaksanaan pendidikan nasionalisme. Jenis penelitian ini adalah deskriptif kualitatif. Subjek penelitian ini adalah Kepala madrasah, guru kelas IV, V dan VI dan beberapa siswa kelas IV, V, VI. Teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara dan dokumentasi. Data dianalisis melalui reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Uji keabsahan data menggunakan triangulasi sumber dan triangulasi teknik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pendidikan nasionalisme di luar proses pembelajaran yaitu: 1) kegiatan pembiasaan, ekstrakulikuler (pembiasaan terprogram), dan kegiatan rutin (pembiasaan tidak terprogram). Sedangkan metode yang dilakukan madrasah untuk menanamkan nilai nasionalisme kepada siswa yaitu penanaman nilai nasionalisme dan keteladanan. Nilai-nilai nasionalisme yang diberikan yaitu tanggung jawab, toleransi, sopan santun, rela berkorban, kerja sama, gotong royong, mencintai lingkungan, menghormati dan menghargai jasa para pahlawan cinta terhadap budaya Indonesia. dan lain-lain. 2) Faktor-faktor pendukung pelaksanaan pendidikan nasionalisme yaitu siswa, orang tua/keluarga, madrasah, lingkungan. 3) Dalam pelaksanaan pendidikan nasionalisme di luar pembelajaran, madrasah tidak mengalami kendala yang sangat besar hanya masih terdapat beberapa siswa yang kurang tertib dalam melakukan pendidikan nasionalisme.

[error in script]
Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Contributors:
ContributionContributors (e.g. Thesis Advisor)Email
Thesis advisorMa’arif, SyamsulUNSPECIFIED
Thesis advisorIstiyani, DwiUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Pendidikan nasionalisme; Madrasah ibtidaiyah; Pondok pesantren
Subjects: 200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.7 Propagation of Islam > 297.77 Islamic religious education
300 Social sciences > 370 Education > 372 Elementary education > 372.8 Pelajaran lain untuk pendidikan dasar (Ilmu sosial, menari, musik, sejarah)
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Fuad Hasyim
Date Deposited: 26 Dec 2018 08:21
Last Modified: 26 Dec 2018 08:21
URI: http://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/8861

Actions (login required)

View Item View Item