Penerapan strategi bauran pemasaran pada penjualan Sekararum Fashion Semarang

Fitriyani, Rifka (2018) Penerapan strategi bauran pemasaran pada penjualan Sekararum Fashion Semarang. Undergraduate (S1) thesis, UIN Walisongo Semarang.

[img]
Preview
Text
Rifka Fitriyani___132411107.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (3MB) | Preview

Abstract

Setiap perusahaan selalu berusaha untuk dapat tetap hidup, berkembang dan mampu bersaing. Keberhasilan suatu usaha perusahaan ditentukan oleh keberhasilan pemasarannya. Sekararum Fashion merupakan sebuah usaha yang bergerak di bidang produksi pakaian muslimah. Pada perkembangannya Sekararum Fashion mengalami tingkat perbedaan penjualan yang cukup signifikan pada produknya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana penerapan strategi bauran pemasaran pada penjualan Sekararum Fashion Semarang. Peneliti melakukan penelitian pada strategi bauran pemasaran yang meliputi 4 unsur yaitu: Product (produk), Price (harga), Promotion (promosi) dan Place (tempat). Di dalam penelitian ini penulis menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode penelitian lapangan (field research) dan menggunakan dua jenis sumber data yaitu data primer dan data sekunder. Data tersebut diperoleh dengan menggunakan metode wawancara, observasi, dan dokumentasi. Wawancara dilakukan melalui komunikasi langsung dengan sumber informasi dilakukan secara langsung dengan melihat proses kegiatan produksi dan pemasaran usaha Sekararum Fashion, sehingga mengetahui perkembangan dan strategi pemasaran produk usaha ini, dan dokumentasi diperoleh melalui foto-foto pribadi dan tulisan-tulisan yang berkaitan dengan usaha Sekararum Fashion. Hasil penelitian menunjukkan strategi bauran pemasaran yang diterapkan pada penjualan Sekararum Fashion Semarang yaitu: 1) Product, Strategi bauran produk yang diterapkan oleh Sekararum Fashion sudah baik tetapi pada atribut produk masih belum maksimal yaitu penggunaan desain kurang variatif, dan penggunaan bungkus yang masih sederhana. 2) Price, dalam penetapan harga Sekararum Fashion lebih memperhatikan faktor langsung (harga bahan baku, biaya produksi, biaya pemasaran) dan kurang memperhatikan faktor tidak langsung (produk sejenis yang dijual oleh para pesaing). 3) Promotion, Sekararum Fahion melakukan promosi dengan menggunakan satu alat promosi iklan berupa Instagram, dalam pengelolaannya promosi tersebut belum maksimal, Sekararum Fashion kurang mengikuti perkembangan onlineshop saat ini. 4) Place, dalam mendistribusikan produknya, Sekararum Fashion menggunakan saluran distribusi langsung dan distribusi tidak langsung. Distribusi langsung yaitu dengan melayani konsumen yang datang ke toko. Distribusi tidak langsung melalui reseller dan lembaga pengiriman. Selain menerapkan unsur 4P dalam pemasaran Sekararum Fashion juga menerapkan strategi pemasaran yang sesuai dengan syari’at Islam diantaranya: adanya kejelasan produk, tidak berlebih-lebihan dalam mengambil keuntungan, menampilkan produk yang sebenarnya, tidak menjelek-jelekkan produk dari produsen lain, memberikan manfaat untuk orang lain, transparan, adil dan amanah.

[error in script]
Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Contributors:
ContributionContributors (e.g. Thesis Advisor)Email
Thesis advisorSaifullah, MuhammadUNSPECIFIED
Thesis advisorNadzir, MohammadUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Strategi pemasaran; Penjualan; Bauran pemasaran
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 650 Management and auxiliary services > 658 General management > 658.8 Marketing management (pemasaran, distribusi)
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Syariah (Ekonomi Islam) (S1)
Depositing User: Fitria Nuraini
Date Deposited: 31 Dec 2018 10:15
Last Modified: 31 Dec 2018 10:15
URI: http://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/8918

Actions (login required)

View Item View Item