Studi Komparatif Motivasi Nasabah Menabung dengan Tabungan Mudharabah dan Wadi’ah (Studi Kasus di BSM KCP Brebes)

Irmayah, Yuli (2013) Studi Komparatif Motivasi Nasabah Menabung dengan Tabungan Mudharabah dan Wadi’ah (Studi Kasus di BSM KCP Brebes). Undergraduate (S1) thesis, IAIN Walisongo.

[img]
Preview
Text
082411082_coverdll.pdf - Supplemental Material

Download (2MB) | Preview
[img]
Preview
Text
082411082_bab1.pdf - Accepted Version

Download (63kB) | Preview
[img]
Preview
Text
082411082_bab2.pdf - Accepted Version

Download (164kB) | Preview
[img]
Preview
Text
082411082_bab3.pdf - Accepted Version

Download (54kB) | Preview
[img]
Preview
Text
082411082_bab4.pdf - Accepted Version

Download (44kB) | Preview
[img]
Preview
Text
082411082_bab5.pdf - Accepted Version

Download (18kB) | Preview
[img]
Preview
Text
082411082_bibliografi.pdf - Bibliography

Download (10kB) | Preview

Abstract

Perkembangan bank syariah dalam dasawarsa terakhir mengalami kemajuan pesat. Hal ini tidak lepas dari prinsip syariah yang digunakan oleh lembaga keuangan tersebut. Penggunaan akad pada setiap produk bank syariah menjadi ciri khas tersendiri dan menjawab kebutuhan umat Islam dalam menggunakan jasa perbankan. Salah satu nya adalah pada produk tabungan, yang menggunakan akad mudharabah atau wadiah. Dimana mudharabah adalah kerja sama/bagi hasil yang dilakukan dua pihak yakni antara shahibul maal sebagai penyedia modal dan mudharib sebagai pengelola modal dengan memberikan sejumlah keuntungan yang telah disepakati bersama sesuai nisbah bagi hasil. Sedangkan wadiah adalah titipan murni dari satu pihak ke pihak lain, baik sebagai individu maupun sebagai suatu badan hukum yang harus dijaga dan dikembalikan kapan saja si penitip menghendaki. Walaupun keberadaan bank syariah di Brebes masih sangat minim dan masyarakat Brebes masih kurang mengerti apa itu bank syariah, namun BSM KCP Brebes mampu menarik perhatian calon nasabah, untuk membuka rekening tabungan di bank tersebut, di usianya yang baru dua tahun. Namun, antara dua produk tabungan mudharabah dan wadiah, terdapat selisih yang sangat signifikan, yaitu nasabah tabungan mudharabah mencapai 120% dari tabungan wadiah. Padahal, tabungan mudharabah lebih beresiko dibanding tabungan wadiah. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apa motivasi nasabah memilih produk tabungan mudharabah, dan apa motivasi nasabah memilih produk tabungan wadiah. Penelitian ini merupakan penelitian lapangan, pendekatannya menggunakan pendekatan kualitatif dan teknik pengumpulan datanya menggunakan wawancara dan dokumetasi. Analisis yang penulis gunakan adalah analisis komparatif. Berdasarkan penelitian, dapat disimpulkan bahwa nasabah menggunakan produk tabungan mudharabah karena motivasi ekstrinsik yaitu bagi hasil tinggi, fasilitas mobile banking, biaya administrasi lebih ringan dari bank lain, fasilitas diskon di perusahaan yang bekerja sama dengan BSM, sistem jemput bola oleh karyawan BSM Funding, dan motivasi instrinsik yaitu hanya ingin menabung, ingin menabung di bank yang menerapkan sistem bagi hasil, untuk mengajukan pembiayaan. Sedangkan nasabah yang menggunakan tabungan wadi’ah, karena motivasi instrinsik yaitu menghindari biaya administrasi per bulan, lokasi bank dekat dengan rumah, dan ingin mendapatkan bonus dari bank.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Motivasi; Nasabah; Mudharabah; Wadi'ah; Bank Islam
Subjects: 100 Philosophy and psychology > 150 Psychology > 155 Differential and developmental psychology
200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.2 Islam Doctrinal Theology, Aqaid and Kalam > 297.27 Islam and social sciences > 297.273 Islam and economics
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Ekonomi Islam
Depositing User: Mohammad Kharisun
Date Deposited: 13 Dec 2013 03:01
Last Modified: 13 Dec 2013 03:01
URI: http://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/892

Actions (login required)

View Item View Item