Analisis pasar Johar sebelum dan sesudah relokasi

Ismiyatun, Umi (2018) Analisis pasar Johar sebelum dan sesudah relokasi. Undergraduate (S1) thesis, UIN Walisongo Semarang.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI FULL.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (3MB) | Preview

Abstract

Pasar merupakan pusat aktivitas perekonomian dalam suatu daerah, yang di dalamnya tidak terlepas oleh peran penjual atau pedagang dan pembeli. Pasca kebakaran untuk mengembalikan kembali fungsinya pemerintah Kota Semarang menerapkan kebijakan merelokasi pedagang. Reloksi merupakan pemindahan dari lokasi lama ke lokasi baru yang sifatnya permanen dan/atau sementara. Relokasi sebagai solusi apabila telah di lakulan perbaikan, pembangunan, dan pembongkaran agar lebih tertata atau pun perbaikan, pembangunan, pembongkaran dan penataan kembali bangunan karena suatu bencana, seperti yang terjadi di pasar Johar saat ini. Dalam penerapan kebijakan tersebut hal utama yang harus diperhatikan adalah kemaslahatan dan keadilan bagi semua pihak. Permasalahan dalam penelitian ini adalah Bagaimana pasar Johar sebelum dan sesudah relokasi? Bagaimana pasar Johar sebelum dan sesudah relokasi dalam perspektif Islam? Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah dengan pendekatan kualitatif yang bersifat deskriptif. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian lapangan (field research) yang bersifat komparasi. Hasil penelitian menunjukkan pasar Johar sebelum dan sesudah relokasi bahwa; a) Lokasi, pasar Johar sebelum relokasi strategis. Sedangkan lokasi pasar Johar setelah relokasi lokasinya kurang yang mengakibatkan jumlah konsumen di pasar Johar menurun bila dibandingkan dengan lokasi terdahulu hal ini belum sesuai dengan PerMen No.20 Tahun 2012. b) Bangunan dan Tata letak, pasar Johar sebelum dan sesudah relokasi memiliki bangungan sesuai dalam PerMen No.20 Tahun 2012, akan tetapi ukuran pasar Johar setelah relokasi memiliki ukuran yang lebih kecil dari pada sebelum di relokasi. Mengenai tata letak, pasar Johar sebelum relokasi para pededagang berada pada zonasi sesuai dengan jenis barang dagangan. Sedangkang pada pasar Johar sesudah relokasi terdapat beberapa pedagang yang tidak berada berdasarkan zonasi jenis barang dagangan. c) Mengenai sarana pendukung atau fasilitas-fasilitas penunjang antara pasar Johar sebelum dan sesudah relokasi memiliki fasilitas yang sama, seperti yang disebutkan dalam PerMen No. 20 Tahun 2012. Hanya area parkir di pasar Johar sebelum relokasi yang kondisinya kurang memadai. Dari kondisi tersebut memberikan dampak terhadap kondisi para pedagang. Dimana pendapatan pedagang menurun sesudah pasar Johar di relokasi, sehingga berdampak pula terhadap modal pedagang yang sulit berputar karena barang yang terjual sedikit, sehingga pedagang sulit mengambangkan usaha mereka. Kemudian Pasar Johar sebelum dan sesudah relokasi dalam perspektif Islam adalah sebagai berikt: a) Dari segi dharuriyah, Pasar johar sebelum dan sesudah relokasi sudah memenuhi konsep dharuriyah karena terdapat bangunan dalam pasar, pasar Johar setelah relokasi dari sisi penentuan lokasi konsep dharuriyahi nya belum terpenuhi. b) Dari segi hajiyah, Pasar Johar sebelum dan sesudah relokasi juga sudah memenuhi konsep hajiyah. c) Dari Aspek Tahsiniyah, mengenaia kondisi bangunan pasar Johar sebelum relokasi telah memenuhi konsep tersebut. sedangkan pasar Johar sesudah relokasi belum memenuhi konsep Tahsiniyah karena masih dalam kondisi darurat pasar Johar sesudah relokasi bentuk bangunannya sangat sederhana. Akan tetapi dari segi tata letak pasar telah memenuhi konsep Tahsiniyah, pasar Johar sebelum dan sesudah relokasi sangat rapi. Pada umumnya pasar tradisional terkesan kumuh, becek dan tidak teratur. Tetapi hal ini tidak akan terlihat di pasar Johar sebelum maupun sesudah relokasi, karena semuanya tertata dengan baik, bersih dan rapi.

[error in script]
Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Contributors:
ContributionContributors (e.g. Thesis Advisor)Email
Thesis advisorMusahadi, MusahadiUNSPECIFIED
Thesis advisorNadzir, MohammadUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Pasar tradisional
Subjects: 300 Social sciences > 380 Commerce, communications, transport > 381 Internal commerce (Domestic trade)
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Perbankan Syariah (D3)
Depositing User: Fitria Nuraini
Date Deposited: 31 Dec 2018 10:20
Last Modified: 31 Dec 2018 10:20
URI: http://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/8922

Actions (login required)

View Item View Item