Analisis strategi marketing syariah pada usaha mikro : studi kasus pada pedagang pakaian Pasar Juwana Baru-Pati

Kartiko, Wahyu (2018) Analisis strategi marketing syariah pada usaha mikro : studi kasus pada pedagang pakaian Pasar Juwana Baru-Pati. Undergraduate (S1) thesis, UIN Walisongo Semarang.

[img]
Preview
Text
skripsi lengkap.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (4MB) | Preview
[img]
Preview
Text
skripsi lengkap.pdf

Download (4MB) | Preview

Abstract

Pasar Juwana Baru merupakan suatu tempat kegiatan sektor perdagangan barang dan jasa. Tempat ini masih sangat digemari yakni dengan masih berlangsungnya kegiatan perdagangan dan dalam hal eksistensi, pasar Juwana Baru memang masih menjadi tujuan utama bagi warga Juwana dan sekitarnya untuk para penduduk setempat ataupun dari daerah lain. Pasar Juwana Baru masih sangat produktif yakni terbukti dengan jumlah pedagang terbanyak sekabupaten Pati. Oleh sebab itu, diperlukannya strategi marketing syariah sangat berperan dalam mengatur kegiatan jual beli pedagang. Sehubungan dengan hal tersebut, penulis memilih pasar Juwana Baru sebagai objek alasannya karena penulis melihat adanya perilaku pedagang menghalalkan segala cara dengan maksud agar produk ataupun dagangannya tersebut terjual dan juga menghasilkan keuntungan yang tinggi. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian lapangan (field research), dengan menggunakan dua jenis sumber data, yaitu data primer dan data sekunder yang didapat dengan menggunakan metode wawancara pedagang pakaian pasar Juwana Baru dan dokumentasi. Setelah data terkumpul, selanjutnya data tersebut dianalisis dengan menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa strategi marketing syariah yang digunakan pada setiap pedagang khususnya para pedagang pakaian di pasar Juwana Baru. Mereka melakukan kegiatan jual beli bukan hanya mencari keuntungan saja, akan tetapi mereka mengedepankan kejujuran dan pelayanan yang ramah kepada calon pembeli yang melakukan transaksi, mulai dari kegiatan tawar menawar barang yang dijual dengan keadaan baik, sudah sesuai dengan kreteria marketing syariah walaupun tidak semua pedagang pakaian di pasar Juwana Baru melakukan hal tersebut.

[error in script]
Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Contributors:
ContributionContributors (e.g. Thesis Advisor)Email
Thesis advisorEl Junusi, RahmanUNSPECIFIED
Thesis advisorArifin, JohanUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Strategi pemasaran; Pemasaran syariah; Pedagang pakaian; Pasar tradisional
Subjects: 200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.2 Islam Doctrinal Theology, Aqaid and Kalam > 297.27 Islam and social sciences > 297.273 Islam and economics
600 Technology (Applied sciences) > 650 Management and auxiliary services > 658 General management > 658.8 Marketing management (pemasaran, distribusi)
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Syariah (Ekonomi Islam) (S1)
Depositing User: Fitria Nuraini
Date Deposited: 31 Dec 2018 10:24
Last Modified: 31 Dec 2018 10:24
URI: http://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/8925

Actions (login required)

View Item View Item