Implementasi total quality management dalam meningkatkan penjualan perumahan perspektif ekonomi Islam : studi kasus Perum Pantura Regency Kaliwungu

Iman, Nurul (2018) Implementasi total quality management dalam meningkatkan penjualan perumahan perspektif ekonomi Islam : studi kasus Perum Pantura Regency Kaliwungu. Undergraduate (S1) thesis, UIN Walisongo Semarang.

[img]
Preview
Text
10. SKRIPSI LENGKAP.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (1MB) | Preview

Abstract

Daerah Kaliwungu yang berada di Kabupaten Kendal merupakan daerah padat penduduk dan daerah kawasan industri memberikan peluang yang sangat besar untuk mengembangkan perumahan FLPP, sehingga menjadikan developer-developer perumahan untuk berlomba-lomba dalam menarik minat beli konsumen perumahan. Persaingan diantara developer menjadikan developer melakukan berbagai strategi agar perusahannya tetap survive. Perum Pantura Regency Kaliwungu sebagai salah satu developer perumahan yang mengembangkan perumahan Kaliwungu mengedepankan pengelolaan yang profesional dengan menerapkan TQM dengan mengedepankan sistem manajemen yang prima, sistem pelayanan yang baik dan mengedepankan kepuasan konsumen. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah 1) Bagaimana implementasi TQM dalam meningkatkan penjualan perumahan perspektif ekonomi islam pada Perum Pantura Regency Kaliwungu? 2) Bagaimana faktor pendukung dan penghambat implementasi TQM dalam meningkatkan penjualan perumahan pada Perum Pantura Regency Kaliwungu? Jenis penelitian ini adalah penelitian lapangan (field research), dengan pendekatan kualitatif, dengan sumber data dari manajer Perum Pantura Regency Kaliwungu, karyawan dan pelanggan. Data di peroleh dengan menggunakan teknik interview dan dokumentasi. Data yang telah terkumpul kemudian dianalisis data dengan metode analisis deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan: 1) Implementasi TQM dalam meningkatkan penjualan perumahan pada Perum Pantura Regency Kaliwungu dilakukan pola kepemimpinan yang demokratis, perbaikan secara terus menerus dalam segi pelayanan dan produk, menentukan standar mutu yang berkualitas baik dalam segi pelayanan maupun mutu bangunan dan fasilitas perumahan, perubahan kultur yang sesuai dengan perkembangan keinginan konsumen, perubahan organisasi yang disesuaikan dengan penguasaan staf terhadap kebutuhan perusahaan dan mempertahankan hubungan dengan pelanggan dengan pelayanan yang maksimal dan kualitas produk perumahan yang bermutu. 2) Faktor yang mendukung dalam implementasi TQM dalam meningkatkan penjualan perumahan pada Perum Pantura Regency Kaliwungu terkait dengan adanya kerja sama dari jajaran organisasi secara terpadu, adanya kesiapan pihak perusahaan dalam merespon setiap perubahan dan keinginan pelanggan, pimpinan yang demokratis, kinerja staf dan karyawan yang dihargai baik dengan sikap dan finansial dan setiap staf dan karyawan melayani pelanggan dengan baik, sedangkan faktor penghambatnya terkait adanya sebagian komponen yang terlalu cepat puas dengan hasil yang dicapai, rendahnya disiplin kerja yang menghambat produktivitas perusahaan, pengaruh sumber daya manusia yaitu kurangnya karyawan untuk melakukan proses produksi dan keterbatasan sumber daya (dana, keahlian, teknologi) dan perubahan kondisi ekonomi dan politik, perusahaan harus menyusun rencana pemasaran yang fleksibel terhadap perubahan yang terjadi yang diwujudkan dengan penyusunan rencana pemasaran dalam jangka pendek.

[error in script]
Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Contributors:
ContributionContributors (e.g. Thesis Advisor)Email
Thesis advisorYahya, ImamUNSPECIFIED
Thesis advisorFitri, MaltufUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Total quality manajemen; Ekonomi Islam; Peningkatan penjualan
Subjects: 200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.2 Islam Doctrinal Theology, Aqaid and Kalam > 297.27 Islam and social sciences > 297.273 Islam and economics
600 Technology (Applied sciences) > 650 Management and auxiliary services > 658 General management > 658.8 Marketing management (pemasaran, distribusi)
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Syariah (Ekonomi Islam) (S1)
Depositing User: Fitria Nuraini
Date Deposited: 17 Jan 2019 00:22
Last Modified: 13 Jul 2019 03:07
URI: http://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/8928

Actions (login required)

View Item View Item