Analisis Penerapan Sistem Bagi Hasil dalam Pembiayaan Musyarakah di KJKS BMT Fastabiq Tambaharjo Pati

Islahudin, Agus (2013) Analisis Penerapan Sistem Bagi Hasil dalam Pembiayaan Musyarakah di KJKS BMT Fastabiq Tambaharjo Pati. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Walisongo.

[img]
Preview
Text
082411085_coverdll.pdf - Supplemental Material

Download (719kB) | Preview
[img]
Preview
Text
082411085_bab1.pdf - Accepted Version

Download (64kB) | Preview
[img]
Preview
Text
082411085_bab2.pdf - Accepted Version

Download (179kB) | Preview
[img]
Preview
Text
082411085_bab3.pdf - Accepted Version

Download (74kB) | Preview
[img]
Preview
Text
082411085_bab4.pdf - Accepted Version

Download (32kB) | Preview
[img]
Preview
Text
082411085_bab5.pdf - Accepted Version

Download (23kB) | Preview
[img]
Preview
Text
082411085_bibliografi.pdf - Bibliography

Download (13kB) | Preview

Abstract

Musyarakah adalah akad kerja sama antara dua pihak atau lebih untuk suatu usaha tertentu dimana setiap pihak memberikan kontribusi dana atau amal/expertise dengan kesepakatan bahwa keuntungan dan resiko akan ditanggung bersama sesuai dengan kesepakatan. Pembagian keuntungan yang ditetapkan oleh lembaga keuangan syari’ah dalam musyarakah yang biasa disebut dengan istilah bagi hasil haruslah dapat bersaing dengan suku bunga kredit konvensional yang notabennya telah lebih dahulu ada dan berkembang ditengah masyarakat. Penerapan bagi hasil yang adil perlu dilakukan agar nasabah tidak berpindah dan menggunakan produk dari lembaga keuangan syari’ah lainnya ataupun beralih ke lembaga keuangan konvensional. Salah satu metode penerapan sistem bagi hasil adalah dengan cara penetapan nisbah atau proporsi keuntungan yang ditetapkan pada awal akad pembiayaan musyarakah. Penelitian ini menjelaskan tentang penerapan sistem bagi hasil pada pembiayaan musyarakah di KJKS BMT Fastabiq Tambaharjo Pati guna menuju pada sitem bagi hasil yang baik dan adil. Jenis penelitian yang digunakan dalam karya ilmiah ini adalah metode penelitian kualitatif yang dilakukan dengan berada langsung pada objek penelitian, terutama dalam usahanya mengumpulkan data dan berbagai informasi. Data yang digunakan dalam penelitian ini berupa data primer yang diperoleh secara langsung dari sumber data asli dari KJKS BMT Fastabiq Tambaharjo Pati. Serta data sekunder yaitu data yang diperoleh peneliti secara tidak langsung melalui media perantara yang berupa studi pustaka al-Qur’an, al-Hadits, buku-buku, majalah, serta dokumen yang berhubungan dengan penelitian yang dilakukan. Adapun metode pengumpulan data melalui data lapangan, yaitu pengumpulan data secara langsung pada objek penelitian. Dalam rangka mencari data yang akurat, penelitian ini penulis lakukan di KJKS BMT Fastabiq Tambaharjo Pati dengan alat untuk mengumpulkan data menggunaka observasi, dokumentasi dan wawancara. Serta alat analisis yang digunakan adalah deskriptif analisis. Hasil penelitian yang dilakukan membuktikan bahwa penerapan sistem bagi hasil di KJKS BMT Fastabiq Tambaharjo Pati ditentukan dengan penetapan nisbah serta perhitunga dengan adanya rumus dalam menghitung besarnya bagi hasil yang nantinya akan dibagikan kapada kedua belah pihak(BMT dan anggota). Penentuan basarnya nisbah dilihat dari berbagai faktor, diantaranya; jenis usaha anggota, modal usaha, lama usaha yang dijalankan anggota, keuntungan modal awal anggota, karakteristik anggota dan prospektif usaha anggota.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Koperasi Jasa Keuangan Syariah; Sistem Bagi Hasil; Pembiayaan Musyarakah
Subjects: 200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.2 Islam Doctrinal Theology, Aqaid and Kalam > 297.27 Islam and social sciences > 297.273 Islam and economics
300 Social sciences > 330 Economics > 334 Cooperatives
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Ekonomi Islam
Depositing User: Mohammad Kharisun
Date Deposited: 13 Dec 2013 03:08
Last Modified: 13 Dec 2013 03:08
URI: http://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/894

Actions (login required)

View Item View Item