Analisis strategi bisnis e-commerce perusahaan startup digital di Ijadfarm Surabaya

Iffah, Vicky (2018) Analisis strategi bisnis e-commerce perusahaan startup digital di Ijadfarm Surabaya. Undergraduate (S1) thesis, UIN Walisongo Semarang.

[img]
Preview
Text
Vicky Iffah___1405026093.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (4MB) | Preview

Abstract

Dewasa ini, revolusi digital tengah melanda negara Indonesia. Hadirnya teknologi internet memberikan dampak keseluruhan bagi kehidupan manusia, tidak terkecuali pada sektor ekonomi. Fenomena munculnya perusahaan rintisan (startup) berbasis digital merupakan salah satu reaksi aktivitas internet yang tidak bisa dipisahkan dalam kehidupan sehari-hari. Sejalan dengan maraknya penggunaan internet sebagai gaya hidup, potensi industri digital juga kian meningkat. Terbukti dengan banyaknya perusahaan yang memanfaatkan teknologi sebagai solusi dalam menyelesaikan permasalahan yang ada di tengah-tengah masyarakat. Salah satu perusahaan startup yang berkembang di Indonesia dan memiliki tujuan sebagai bisnis pemecah masalah adalah Ijadfarm. Ijadfarm merupakan perusahaan startup digital online marketplace di bidang industri ternak yang menghubungkan antara pihak investor dan peternak untuk mengelola serta menghasilkan produk hewan ternak yang berkualitas. Polemik akan kondisi pemerintah untuk mengimpor hewan ternak setiap tahunnya, menimbulkan sebuah tekad Ijadfarm dengan bercita-cita ingin mewujudkan swasembada daging nasional yang nantinya dapat menjadi solusi pada permasalahan tersebut. Berangkat dari masalah di atas, perumusan masalah yang dirumuskan yaitu bagaimana analisis strategi bisnis e-commerce perusahaan startup digital di Ijadfarm Surabaya. Jenis penelitian yang digunakan penulis dalam menganalisis, menjelaskan dan menyimpulkan penelitian yaitu menggunakan deskriptif kualitatif dengan meneliti bahan pustaka dan melakukan wawancara langsung. Kesimpulan penelitian ini adalah bahwa strategi perusahaan startup digital online Ijadfarm berupa strategi e-commerce ini melalui integrated marketing communication yaitu situs website dan media sosial. Selain IMC sebagai marketing, strategi keunggulan bersaing Porter juga diterapkan pada bisnis di Ijadfarm. Menekan biaya operasional untuk mencapai efektifitas melalui pemanfaatan teknologi digital atau disebut dengan cost leadership, diferensiasi produk berupa sistem ramah lingkungan dari hulu hingga hilir, fokus pada diferensiasi yang mana ijadfarm hadir sebagai perusahaan startup yang memiliki pengalaman serta pengetahuan di indutsri ternak sehingga usaha yang menjadi fokus saat ini adalah usaha yang dikuasai atau ahli.

[error in script]
Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Contributors:
ContributionContributors (e.g. Thesis Advisor)Email
Thesis advisorHuda, NurUNSPECIFIED
Thesis advisorAfendi, ArifUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Startup digital; Strategi bisnis; E-commerce
Subjects: 300 Social sciences > 330 Economics > 338 Production
600 Technology (Applied sciences) > 650 Management and auxiliary services
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Syariah (Ekonomi Islam) (S1)
Depositing User: Fitria Nuraini
Date Deposited: 25 Jan 2019 04:02
Last Modified: 25 Jan 2019 04:02
URI: http://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/8978

Actions (login required)

View Item View Item