Analisis perilaku pedagang pasar tradisional Mangkang Semarang dalam pandangan etika bisnis Islam

Roihuddin, Ahmad (2018) Analisis perilaku pedagang pasar tradisional Mangkang Semarang dalam pandangan etika bisnis Islam. Undergraduate (S1) thesis, UIN Walisongo Semarang.

[img]
Preview
Text
Full Skripsi.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (2MB) | Preview

Abstract

Skripsi ini berjudul “Analisis Perilaku Pedagang Pasar Tradisional Mangkang Semarang dalam Pandangan Etika Bisnis Islam” yang dijabarkan dalam beberapa rumusan masalah yaitu Bagaimanakah perilaku pedagang di pasar tradisional Mangkang Semarang dan bagaimanakah perilaku pedagang di pasar tradisional Mangkang Semarang dalam pandangan etika bisnis Islam. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perilaku pedagang di pasar tradisional Mangkang Semarang dan untuk mengetahui perilaku pedagang di pasar tradisional Mangkang Semarang dalam pandangan etika bisnis islam. Adapun jenis penelitian ini adalah penelitian lapangan (Field Research) dengan metode kualitatif yang dilakukan secara deskriptif analisis. Lokasi penelitian dilakukan di pasar tradisional Mangkang Semarang. Dengan sumber data yang terbagi menjadi dua yaitu sumber data primer yang didapatkan langsung dari pedagang dan sumber data sekunder didapatkan dari berbagai literatur yang relevan dengan pembahasan penelitian. Metode pengumpulan data yaitu meliputi observasi, wawancara dan dokumentasi untuk selanjutnya data yang terkumpul digambarkan dan dijabarkan secara jelas mengenai objek penelitian sesuai dengan fakta yang ada di lapangan. Setelah itu data dirangkum, memilih hal-hal yang pokok serta memfokuskan pada hal-hal yang penting. Kemudian data disajikan sehingga memudahkan untuk merencanakan kerja selanjutnya. Setelah itu data dianalisis dan ditarik kesimpulan. Dalam penelitian ini disimpulkan bahwa perilaku pedagang pasar tradisional Mangkang meliputi: penyampaian keadaan barang, penetapan ukuran barang yang dijual, penepatan janji saat berdagang, mempertanggungjawabkan kualitas barang dagangan, penguasaan informasi barang yang dijual, pencatatan transaksi, dan menyikapi penawaran dagangan dengan harga yang rendah. Adapun berdasarkan aspek-aspek tersebut mayoritas pedagang telah mampu berperilaku sesuai dengan etika bisnis Islam dengan menggunakan keempat sifat Rasulullah di dalam melakukan perdagangan yang diantaranya ialah sifat shiddiq, amanah, fathanah dan tabligh.

[error in script]
Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Contributors:
ContributionContributors (e.g. Thesis Advisor)Email
Thesis advisorRodin, DedeUNSPECIFIED
Thesis advisorNurudin, NurudinUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Pedagang; Pasar tradisional; Etika bisnis Islam
Subjects: 200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.2 Islam Doctrinal Theology, Aqaid and Kalam > 297.27 Islam and social sciences > 297.273 Islam and economics
300 Social sciences > 380 Commerce, communications, transport > 381 Internal commerce (Domestic trade)
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Syariah (Ekonomi Islam) (S1)
Depositing User: Fitria Nuraini
Date Deposited: 08 Feb 2019 07:03
Last Modified: 08 Feb 2019 07:03
URI: http://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/8984

Actions (login required)

View Item View Item