Model perilaku penggunaan mobile banking di bank syariah

Inayah, Nur (2018) Model perilaku penggunaan mobile banking di bank syariah. Undergraduate (S1) thesis, UIN Walisongo Semarang.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI LENGKAP.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (4MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini memiliki tujuan menguji perilaku nasabah bank syariah dalam menggunakan mobile banking dengan menggunakan model Technology Acceptance Model (TAM) yang dikembangkan oleh Davis pada tahun 1989. Alasan penelitian ini dilakukan karena hampir semua perbankan baik konvensional maupun syariah telah mengembangkan produk berbasis internet yaitu mobile banking untuk memberikan kemudahan dalam melakukan berbagai transaksi perbankan tanpa harus datang langsung ke bank karena dapat diakses setiap saat. Akan tetapi kenyataannya masih banyak nasabah yang lebih memilih melakukan transaksi secara manual dengan antre di Bank maupun di ATM. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah nasabah perbankan syariah di Semarang yang menggunakan mobile banking dan sampel yang digunakan berjumlah 100 responden. Metode pengambilan sampel pada penelitian ini menggunakan teknik sampling purposive dan teknik analisis data yang digunakan adalah statistik data SEM (Structural Equation Modeling) dengan menggunakan software statistik warpPLS 5.0.B Hasil penelitian ini menunjukan bahwa persepsi kemudahan berpengaruh positif terhadap sikap penggunaan mobile banking, persepsi kemudahan berpengaruh positif terhadap sikap penggunaan mobile banking melalui persepsi kamanfaatan, persepsi kemanfaatan berpengaruh positif terhadap sikap penggunaan mobile banking, sikap penggunaan berpengaruh positif terhadap minat perilaku penggunaan mobile banking, persepsi kemanfaatan berpengaruh positif terhadap minat perilaku penggunaan mobile banking, minat perilaku berpengaruh positif terhadap penggunaan mobile banking dan motivasi spiritual berpengaruh positif terhadap penggunaan mobile banking. Bagi perbankan syariah, disarankan untuk terus meningkatkan kualitas layanan mobile banking, agar mampu memenuhi kebutuhan nasabah dalam bertransaksi di perbankan. Sehingga nasabah akan terus meningkatkan penggunaan layanan mobile banking. Bagi peneliti selanjutnya, disarankan dapat memperluas model Theory Acceptance Model (TAM) untuk menjelaskan perilaku penggunaan yang berkaitan dengan permasalahan yang dikaji. Bagi masyarakat, diharapkan dapat memberikan pemahaman tentang pengambilan keputusan dalam memilih dan menggunakan layanan perbankan syariah yang memberikan kemudahan dan kemanfaatan sesuai dengan kebutuhan baik secara dimensi material maupun dimensi spiritual.

[error in script]
Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Contributors:
ContributionContributors (e.g. Thesis Advisor)Email
Thesis advisorAgriyanto, RatnoUNSPECIFIED
Thesis advisorWarno, WarnoUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Mobile banking; Bank syariah
Subjects: 200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.2 Islam Doctrinal Theology, Aqaid and Kalam > 297.27 Islam and social sciences > 297.273 Islam and economics
300 Social sciences > 330 Economics > 332 Financial economics > 332.1 Bank dan perbankan
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Syariah (Ekonomi Islam) (S1)
Depositing User: Fitria Nuraini
Date Deposited: 08 Feb 2019 07:11
Last Modified: 08 Feb 2019 07:11
URI: http://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/8988

Actions (login required)

View Item View Item