Strategi pemasaran produk simpanan Free Umroh berbasis akad mudharabah di Koperasi Simpan Pinjam Giri Muria Group Kudus

Tias, Disa Suryaning (2018) Strategi pemasaran produk simpanan Free Umroh berbasis akad mudharabah di Koperasi Simpan Pinjam Giri Muria Group Kudus. Undergraduate (S1) thesis, UIN Walisongo Semarang.

[img]
Preview
Text
TUGAS AKHIR.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (3MB) | Preview

Abstract

Pemasaran semakin penting dan merupakan ujung tombak setiap perusahan. Keberhasilan usaha suatu perusahaan ditentukan oleh keberhasilan pemasarannya. KSP Giri Muria Group Kudus adalah salah satu Lembaga Keuangan Syariah yang berada di daerah Kudus, dalam mengenalkan produk simpanan dan pembiayaan kepada calon nasabahnya, KSP Giri Muria Group Kudus memerlukan strategi pemasaran yang efektif. Salah satu produk yang memerlukan strategi pemasaran yang khusus adalah produk simpanan Free Umroh, dimana produk simpanan Free Umroh ini juga merupakan produk baru yang dimiliki oleh KSP Giri Muria Group Kudus. Permasalahan yang akad di teliti dalam penelitian ini adalah bagaiman strategi pemasaran produk Simpanan Free Umroh berbasis akad mudharabah di KSP Giri Muria Group Kudus dan kendala apa saja yang dihadapi dalam memasarankan produk simpanan Free Umroh di KSP Giri Muria Group Kudus. Jenis penelitian ini adalah peneltian deskriptif dengan menggunkan pendekatan kualitatif. Data-data dalam penelitian ini terdiri dari data primer dan sekunder yang diperoleh melalui observasi dan wawancara. Dari hasil penelitian tentang strategi pemasaran yang digunakan oleh KSP Giri Muria Group Kudus dalam pemasaran produknya yaitu: menggunakan strategi pemasaran word of mouth (dari mulut ke mulut), menyebar brosur dan spanduk, membuka outlet, marketing day, strategi kupon kehadiran, menawarkan secara formal, dan strategi jemput bola. Selain itu kendala yang dihadapi dalam memasarkan produknya adalah handle complain marketing, double job, sumber daya manusia, kurangnya strategi pemasaran lewat media sosial, kurangnya perhatian terhadap produk Simpanan Free Umroh, dan mahalnya biaya jumlah setoran yang harus dibayarkan. Sedangkan solusi yang diberikan oleh penulis kepada KSP Giri Muria Group Kudus adalah menggunakan media sosial sebagai media pemasaran dan mengadakan pelatihan kerja secara teratur.

[error in script]
Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Contributors:
ContributionContributors (e.g. Thesis Advisor)Email
Thesis advisorMurtadho, AliUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Strategi pemasaran; Mudharabah; Koperasi; Produk simpanan
Subjects: 200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.2 Islam Doctrinal Theology, Aqaid and Kalam > 297.27 Islam and social sciences > 297.273 Islam and economics
600 Technology (Applied sciences) > 650 Management and auxiliary services > 658 General management > 658.8 Marketing management (pemasaran, distribusi)
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Perbankan Syariah (D3)
Depositing User: Mohamad Akyas
Date Deposited: 15 Feb 2019 06:19
Last Modified: 15 Feb 2019 06:19
URI: http://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/9025

Actions (login required)

View Item View Item