Strategi marketing dalam meningkatkan jumlah nasabah pada pembiayaan Mitra Usaha di KSPPS BMT al-Hikmah Ungaran Cabang Bawen

Widowati, Tiara Sri (2018) Strategi marketing dalam meningkatkan jumlah nasabah pada pembiayaan Mitra Usaha di KSPPS BMT al-Hikmah Ungaran Cabang Bawen. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of TUGAS AKHIR LENGKAP.pdf]
Preview
Text
TUGAS AKHIR LENGKAP.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (2MB) | Preview

Abstract

Dalam meningkatkan jumlah nasabah pada BMT, diperlukannya strategi marketing. Begitu pula dengan KSPPS BMT AL-Hikmah Ungaran Cabang Bawen memerlukan strategi marketing untuk meningkatkan jumlah nasabah pada setiap produk-produknya, khususnya pada produk pembiayaan mitra usaha. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh lokasi KSPPS BMT Al-Hikmah yang berada di lingkungan industri dan area UMKM, sehingga berpeluang besar bagi peningkatan jumlah nasabah khususnya pada produk pembiayaan mitra usaha. Pembiayaan mitra usaha merupakan fasilitas pembiayaan yang diperuntukkan bagi nasabah dalam pendirian usaha atau pengembangan usaha. Dalam penelitian ini permasalahan yang akan diteliti adalah kendala yang dihadapi marketing dalam upaya meningkatkan jumlah nasabah pada pembiayaan mitra usaha dan strategi marketing dalam meningkatkan jumlah nasabah pada pembiayaan mitra usaha di KSPPS BMT Al-Hikmah Ungaran Cabang Bawen. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui strategi marketing dalam meningkatkan jumlah nasabah pada pembiayaan mitra usaha di KSPPS BMT Al-Hikmah Ungaran Cabang Bawen.

Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah jenis penelitian lapangan dengan pendekatan metode penelitian kualitatif. Data-data dalam penelitian ini terdiri dari data primer dan data sekunder yang diperoleh dengan pengumpulan data yaitu wawancara, observasi, dan dokumentasi agar memperoleh data-data yang relevan.

Hasil penelitian ini adalah kendala-kendala yang dihadapi oleh marketing dalam upaya meningkatkan jumlah nasabah pada pembiayaan mitra usaha di KSPPS BMT Al-Hikmah Ungaran Cabang Bawen adalah dapat dilihat dari segi produk, lokasi, promosi, dan loyalitas masyarakat terhadap bank konvensional. Strategi marketing dalam meningkatkan jumlah nasabah pada pembiayaan mitra usaha di KSPPS BMT Al-Hikmah Ungaran Cabang Bawen adalah melakukan marketing mix atau bauran pemasaran dan melakukan strategi bersaing dengan sehat.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Strategi pemasaran; Pembiayaan; Nasabah
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 650 Management and auxiliary services > 658 General management > 658.8 Marketing management (pemasaran, distribusi)
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > 61406 - Perbankan Syariah (D3)
Depositing User: Mohamad Akyas
Date Deposited: 15 Feb 2019 06:24
Last Modified: 05 Jun 2021 07:39
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/9029

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics