Strategi pemasaran penghimpunan dana produk simpanan Hari Raya Idul Fitri (SHaRi) dengan akad wadi`ah di KSPPS Arthamadina Banyuputih Batang

Ardli, Nurazizi Ikhwani (2018) Strategi pemasaran penghimpunan dana produk simpanan Hari Raya Idul Fitri (SHaRi) dengan akad wadi`ah di KSPPS Arthamadina Banyuputih Batang. Diploma thesis, UIN Walisongo Semarang.

[img]
Preview
Text
TUGAS AKHIR FULL.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (3MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini di latar belakangi dengan adanya kemauan masyarakat yang ingin menabung sehingga mereka bekerja dan banyak yang menabung untuk mereka nikmati pada saat Hari Raya Idul Fitri tiba. Menanggapi hal itu KSPPS Arthamadina Banyuputih Batang memiliki strategi dalam memasarkan produk Simpanan Hari Raya Idul Fitri (SHaRi) yaitu tabungan Simpanan Hari Raya Idul Fitri (SHaRi) berhadiah yang diharapkan dapat menarik minat masyarakat untuk mau bergabung ke dalam keanggotaan KSPPS Arthamadina Banyuputih Batang. Rumusan masalah yang ada di KSPPS Arthamadina Banyuputih Batang yaitu Bagaimana strategi pemasaran yang dilakukan pada Produk Simpanan Hari Raya Idul Fitri (SHaRi). Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui strategi pemasaran produk simpanan hari raya idul fitri (shari). Tabungan Wadiah merupakan jenis simpanan yang menggunakan akad wadiah atau titipan yang penarikannya dapat dilakukan sesuai dengan perjanjian Jenis penelitian ini adalah penelitian lapangan (field research) dengan pendekatan kualitatif. Data-data dalam penelitian ini terdiri dari data primer dan data sekunder, yang diperoleh melalui observasi, wawancara, dan dokumen. Analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode analisis deskriptif analistis. Penelitian dilakukan di KSPPS Arthamadina Banyuputih Batang, dengan obyek penelitian produk Simpanan Hari Raya Idul Fitri (SHaRi). Penelitian ini dapat ditarik kesimpulan sebagai berikut: Pertama, prosedur operasional dalam produk Simpanan Hari Raya Idul Fitri (SHaRi) pada KSPPS Arthamadina Banyuputih meliputi tiga tahap yaitu : 1. Prosedur Pembukaan Tabungan, 2. Prosedur Teknis Penyetoran, 3. Prosedur Pengundian Hadiah. Kedua, strategi pemasaran dalam produk Simpanan Hari Raya Idul Fitri (SHaRi) pada KSPPS Arthamadina Banyuputih Batang adalah strategi produk menggunakan akad wadiah yad dhamanah, strategi harga yang cukup ringan hanya Rp 60.000,- setiap bulan, strategi distribusi yaitu dengan cara mendatangi anggota dengan menerapkan sistem jemput bola, strategi promosi yang dilakukan yaitu dengan promosi diadakannya hadiah-hadiah, brosur-brosur dan dengan ceramah-ceramah sekaligus mempromosikan produk SHaRi.

[error in script]
Item Type: Thesis (Diploma)
Contributors:
ContributionContributors (e.g. Thesis Advisor)Email
Thesis advisorFauzi, MuchammadUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Tabungan; Akad wadi`ah; Strategi pemasaran; Simpanan; Koperasi simpan pinjam
Subjects: 200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.2 Islam Doctrinal Theology, Aqaid and Kalam > 297.27 Islam and social sciences > 297.273 Islam and economics
600 Technology (Applied sciences) > 650 Management and auxiliary services > 658 General management > 658.8 Marketing management (pemasaran, distribusi)
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Perbankan Syariah (D3)
Depositing User: Mohamad Akyas
Date Deposited: 22 Feb 2019 06:20
Last Modified: 22 Feb 2019 06:20
URI: http://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/9048

Actions (login required)

View Item View Item