Strategi pemasaran simpanan berjangka (SI JEMPOL) di KSP Giri Muria Group Pusat Kudus

Niswah, Nur Faidhatul (2018) Strategi pemasaran simpanan berjangka (SI JEMPOL) di KSP Giri Muria Group Pusat Kudus. Diploma thesis, UIN Walisongo Semarang.

[img]
Preview
Text
skripsi lengkap.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (3MB) | Preview

Abstract

KSP Giri Muria Group Kudus merupakan salah satu Lembaga Keuangan Syariah yang berada di Kudus. Salah satu produknya adalah Simpanan Berjangka (Si Jempol) yang merupakan simpanan yang memiliki jangka waktu tertentu dalam pengambilannya. Untuk memasarkan produk KSP Giri Muria Group Kudus perlu adanya strategi yang tepat. Strategi yang digunakan tersebut bertujuan untuk menambah jumlah anggotanya. Oleh karena itu penulis melakukan penelitian untuk mengetahui strategi pemasaran simpanan berjangka (Si Jempol) serta mengkaitkan dengan strtaegi pemasaran pada perspektif Islam. Jenis penelitian ini penulis menggunakan penelitian kualitatif dengan bersifat deskriptif. Penulis peroleh data-data ini dari sumber data primer maupun data sekunder. Adapun pengumpulan data yang diperoleh penulis dengan menggunakan metode wawancara, observasi, dan dokumentasi. Setelah pengumpulan data, penulis menganalisis data tersebut dengan menggunakan metode deskriptif analisis dengan menggambarkan objek berdasarkan fakta dan menghubungkan dengan konsep-konsep yang dikembangkan sebelumnya. Penelitian ini menghasilkan kesimpulan sebagai berikut, pertama: strategi yang dilakukan KSP Giri Muria Group Kudus menggunakan pengembangan bauran pemasaran yang meliputi (a). Product yaitu simpanan berjangka (Si Jempol), (b). Price yaitu bagi hasil yang didapat dari simpanan berjangka (Si jempol) dari bagi hasil setara dengan 1% hingga 1,3%, (c). Place yaitu tempat pemasaran yang dilakukan dengan mengcover pasar terdekat dengan kantor ialah pasar Kliwon, (d). Promotion yang digunakan KSP Giri Muria Group Kudus meliputi promosi dari mulut ke mulut,sebar brosur, memasang spanduk, CFD, membuat Website, pendekatan doo to door, memberikan kupon kehadiran maupun door prize. Kedua, untuk pemasaran simpanan berjangka (Si Jempol) di KSP Giri Muria Group Kudus dalam perspektif Islam berlandaskan dengan karakteristik strategi pemasaran dalam Islam yang meliputi (a). Ketuhanan (Rabbaniyyah) yaitu pemasar harus bersifat religius, (b). Etis (Akhlaqiyyah) yaitu pemasar dalam memasarkan produknya harus memiliki akhlak yang baik dan tidak melebih-lebihkan produk yang dipasarkan, (c). Realistis (Al Waqi’yyah) yaitu pemasar dalam memasarkan produk harus berpenampilan rapi dan tidak menimbulkan sisi negatif bagi para anggota, (d). Humanistis (Insaniyyah) yaitu dalam memasarkan tidak boleh membedakan apa agama, suku bangsa, warna kulit para anggota.

[error in script]
Item Type: Thesis (Diploma)
Contributors:
ContributionContributors (e.g. Thesis Advisor)Email
Thesis advisorRodin, DedeUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Simpanan berjangka; Strategi Pemasaran; Koperasi simpan pinjam
Subjects: 200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.2 Islam Doctrinal Theology, Aqaid and Kalam > 297.27 Islam and social sciences > 297.273 Islam and economics
600 Technology (Applied sciences) > 650 Management and auxiliary services > 658 General management > 658.8 Marketing management (pemasaran, distribusi)
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Perbankan Syariah (D3)
Depositing User: Mohamad Akyas
Date Deposited: 22 Feb 2019 06:22
Last Modified: 22 Feb 2019 06:22
URI: http://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/9049

Actions (login required)

View Item View Item