Strategi pemasaran produk tabungan SIRELA di KSPPS BINAMA Semarang

Anifah, Nur (2018) Strategi pemasaran produk tabungan SIRELA di KSPPS BINAMA Semarang. Diploma thesis, UIN Walisongo Semarang.

[img]
Preview
Text
10. TUGAS AKHIR.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (2MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini di latar belakangi dengan adanya produk penghimpunan dana di KSPPS Binama Semarang. Salah satu produk yang terdapat di KSPPS Binama Semarang adalah SIRELA (Simpanan Sukarela Lancar) yang merupakan simpanan yang penarikan dan pengambilannya bisa dilakukan sewaktu-waktu dan produk tersebut diminati oleh masyarakat maka diperlukan strategi pemasaran yang tepat. Oleh karena itu penelitian bertujuan untuk mengetahui strategi pemasaran produk simpanan sukarela lancar (SIRELA) dan Analisis SWOT produk tabungan SIRELA di KSPPS Binama Semarang. Jenis penelitian ini penulis menggunakan penelitian kualitatif dengan bersifat deskriptif. Penulis memperoleh data dari sumber data primer maupun data sekunder. Adapun metode pengumpulan data yang diperoleh penulis dengan menggunakan metode wawancara, observasi, dan dokumentasi. Setelah metode pengumpulan data, penulis menganalisis data tersebut dengan menggunakan metode deskriptif analisis. Peelitian ini menghasilkan kesimpulan sebagai berikut, pertama: strategi pemasaran yang dilakukan oleh KSPPS Binama Semarang menggunakan 4P yang meliputi a) product yaitu simpanan sukarela lancar (SIRELA), b) price yaitu bagi hasil yang menarik, c) place yaitu tempat pemasaran dilakukan sangat strategis dekat pengusaha, pedagang kaki lima, dekat dengan swalayan dan pusat pendidikan, d) promotion yang digunakan KSPPS Binama Semarang meliputi brosur, website, bilboard, door to door dan jemput bola. Kedua: analisis SWOT produk tabungan sirela di KSPPS Binama Semarang yang meliputi a) strenght yaitu penyetoran dan penarikan dapat dilakukan setiap saat, b) weakness yaitu tidak ada fasilitas ATM (Anjungan Tunai Mandiri), c) opportunities yaitu agar lebih aman dana tersebut terkumpul untuk kebutuhan yang akan mendatang dan mendesak serta apabila sewaktu-waktu membutuhkan dapat diambil dan KSPPS Binama Semarang memiliki cabang yang tersebar di berbagai daerah dengan memberikan peluang besar bagi KSPPS Binama Semarang, d) threats yaitu persaingan produk sirela yang semakin ketat di sebabkan anggota sudah kritis dan pandai membanding-bandingkan produk sirela di KSPPS Binama Semarang yang satu dengan yang lainnya.

[error in script]
Item Type: Thesis (Diploma)
Contributors:
ContributionContributors (e.g. Thesis Advisor)Email
Thesis advisorHuda, NurUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Strategi pemasaran; Tabungan; Simpanan; Akad mudharabah
Subjects: 200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.2 Islam Doctrinal Theology, Aqaid and Kalam > 297.27 Islam and social sciences > 297.273 Islam and economics
600 Technology (Applied sciences) > 650 Management and auxiliary services > 658 General management > 658.8 Marketing management (pemasaran, distribusi)
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Perbankan Syariah (D3)
Depositing User: Mohamad Akyas
Date Deposited: 22 Feb 2019 06:33
Last Modified: 22 Feb 2019 06:33
URI: http://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/9053

Actions (login required)

View Item View Item