Strategi pelayanan produk SISUKA (Simpanan Suka Rela Berjangka) dalam meningkatkan loyalitas anggota di KSPPS BMT Al Hikmah Ungaran

Ardhiyanti, Maulida (2018) Strategi pelayanan produk SISUKA (Simpanan Suka Rela Berjangka) dalam meningkatkan loyalitas anggota di KSPPS BMT Al Hikmah Ungaran. Diploma thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of SKRIPSI FULL.pdf]
Preview
Text
SKRIPSI FULL.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (3MB) | Preview

Abstract

KSPPS BMT AL HIKMAH Ungaran merupakan salah satu Lembaga Keuangan Non Bank yang mempunyai peranan penting dalam menyimpan dan penyaluran dana kepada masyarakat sekitar yang membutuhkan. Di KSPPS BMT Al Hikmah terdapat beberapa produk penghimpunan dana salah satunya SISUKA (Simpanan Sukarela Berjangka) dalam SISUKA ini akad yang digunakan menggunkan akad Mudharabah Mutlaqah. Oleh karena itu penulis memandang penting untuk melakukan penelitian yang berjudul “Strategi Pelayanan SISUKA (Simpanan Sukarela Berjangka) Dalam Meningkatkan Loyalitas Anggota Di KSPPS BMT Al Hikmah Ungaran”.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui minat anggota dalam penggunaan produk SISUKA (Simpanan Sukarela Berjangka), untuk mengetahui berapa besar tingkat loyalitas anggota yang sudah menggunakan produk SISUKA (Simpanan Sukarela Berjangka), jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian lapangan (field research) dengan mengambil lokasi di BMT Al Hikmah Ungaran. Data-data dalam penelitian ini berupa data kualitatif yang terdiri dari data primer dan data sekunder. Data-data diperoleh melalui metode dokumentasi, observasi, dan wawancara. Data-data yang terkumpul kemudian dianalisis dengan metode deskriptif.
Hasil yang diperoleh dari penelitian dengan kualitas pelayanan yang dilakukan oleh KSPPS BMT Al Hikmah Ungaran sudah memenuhi 5 kreteria pokok untuk mengukur seberapa kualitas pelayanan yang diberikan yakni meliputi Tangibles (Bentuk Fisik), Reability (Kehandalan), Responsiveness (Ketanggapan), Assurance (Kepastian), Empathy (Empati). Selama ini BMT Al Hikmah telah memberikan pelayanan yang lebih dari apa yang diharapkan dan diinginkan oleh anggota. Pelayanan yang diberikan oleh BMT Al Hikmah yaitu dengan memberikan service exellent kepada anggotanya yaitu dengan memberikan pelyanan yang terbaik untuk memfasilitasi kemudahan dalam memenuhi kebutuhan anggotanya, selain service exellent BMT Al Hikmah juga memberikan pelayanan dengan sistem jemput bola.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Strategi pelayanan; Simpanan; Tabungan; Koperasi simpan pinjam
Subjects: 300 Social sciences > 330 Economics > 332 Financial economics > 332.3 Lembaga perkreditan dan simpan pinjam
600 Technology (Applied sciences) > 650 Management and auxiliary services > 651 Office services
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > 61406 - Perbankan Syariah (D3)
Depositing User: Mohamad Akyas
Date Deposited: 22 Feb 2019 06:39
Last Modified: 05 Jun 2021 06:10
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/9056

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics