Strategi pemasaran pada produk pembiayaan pensiun di Bank Syariah Mandiri KCP Ungaran

Fitri, Ilma Safaatul (2018) Strategi pemasaran pada produk pembiayaan pensiun di Bank Syariah Mandiri KCP Ungaran. Diploma thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of SKRIPSI FULL.pdf]
Preview
Text
SKRIPSI FULL.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (3MB) | Preview

Abstract

Bank Syariah Mandiri merupakan bank milik pemerintah pertama yang berlandaskan operasionalnya pada prinsip syariah. Salah satu produknya yaitu produk pembiayaan pensiun. Dalam memasarkan produk pembiayaan pensiun di Bank Syariah Mandiri KCP Ungaran agar menarik nasabah tidaklah mudah, karena masih banyak masyarakat yang tidak mengetahui mengenai produk pembiayaan pensiun dan masih menganggap bank syariah sama dengan bank konvensional. Oleh karena itu diperlukan strategi pemasaran yang tepat demi keberhasilan perusahaan.
Berdasarkan permasalahan diatas penulis membuat Tugas Akhir dengan Judul “Strategi Pemasaran pada Pembiayaan Pensiun di Bank Syariah Mandiri KCP Ungaran” dengan rumusan masalah yaitu bagaimana strategi pemasaran pada produk pembiayaan pensiun di Bank Syariah Mandiri KCP Ungaran dan apa saja kendala- kendala yang dihadapi Bank Syariah Mandiri KCP Ungaran dalam memasarkan produk pembiayaan pensiun serta bagaimana cara mengatasi kendala tersebut.
Rumusan masalah tersebut dianalisis dengan metode deskriptif analisis. Metode pengumpulan datanya melalui wawancara dengan staf marketing pembiayaan pensiun, Dokumentasi dan Observasi secara langsung di Bank Syariah Mandiri KCP Ungaran.
Hasil dari penelitian ini menyimpulkan bahwa strategi pemasaran pada produk pembiayaan pensiun di Bank Syariah Mandiri KCP Ungaran menggunakan metode bauran pemasaran (marketing mix) yaitu product, price, place, dan promotion. Namun terdapat kendala – kendala seperti persaingan, loyalitas nasabah kepada bank konvensional, minimnya pengetahuan nasabah tentang bank syariah dan sulitnya mencari data alamat nasabah. Oleh karena itu marketing harus memaksimalkan promosi, sosialisasi, penjualan langsung dan pemasaran dilakukan secara kontinue dan intensif.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Strategi pemasaran; Pembiayaan pensiun; Bank syariah
Subjects: 200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.2 Islam Doctrinal Theology, Aqaid and Kalam > 297.27 Islam and social sciences > 297.273 Islam and economics
600 Technology (Applied sciences) > 650 Management and auxiliary services > 658 General management > 658.8 Marketing management (pemasaran, distribusi)
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > 61406 - Perbankan Syariah (D3)
Depositing User: Mohamad Akyas
Date Deposited: 23 Feb 2019 02:22
Last Modified: 05 Jun 2021 06:52
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/9067

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics