Strategi memasarkan produk dan menjaring anggota di pasar Rejowinangun pada BMT Aulia Magelang

Utomo, Indra Wahyu (2018) Strategi memasarkan produk dan menjaring anggota di pasar Rejowinangun pada BMT Aulia Magelang. Diploma thesis, UIN Walisongo Semarang.

[img]
Preview
Text
TA LENGKAP.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (3MB) | Preview

Abstract

Tugas Akhir ini merupakan jenis penelitian lapangan (Field Research) untuk mengetahui bagaimana strategi yang digunakan BMT AULIA Magelang dalammembuka pasar baru dalam upaya menarik minat masyarakat menjadi anggota.Penulis menggunakan metode analisis deskriptif dimana penulis menggambarkan atau menjelaskanstrategimembuka pasar baru dalam upaya menarik minat masyarakat menjadi anggota.Penulis dalam penelitian ini akan membahas bagaimana strategi yang digunakan BMT AULIA dalam menarik minat masyarakat menjadi anggota, menetapkan target pasar dan memilih bauran pemasaran, serta tahapan dalam membuka pasar yang dilakukan BMT AULIA. Adapun hasil penelitian ini, Strategi BMT AULIA untuk tahapan membuka pasar adalah sebagai berikut: 1.Menentukan Pasar,dilakukan untuk mengetahui apakah pasar yang akan dituju sangat cocok dengan produk-produk yang ditawarkan, 2.Ijin Dinas Pasar, dilakukan demi kelancaran dalam melakukan pemasaran didalam pasar, 3.Maping Pasar, dilakukan agar dalam melakukan promosi lebih mudah karena sudah mengetahui bentuk pasar tersebut, 4. Mengetahui Jumlah Pedagang, dilakukan agar dapat menentukan seberapa besar pasar, 5. Pengelompokan Jenis Pedagang, memudahkan dalam menentukan jumlah bagi hasil.Strategi yang digunakan BMT AULIA dalam meningkatkan anggota adalah dengan menetapkan target pasar sebagai berikut: 1. Melihat potensi pasar, bahwa profesi yang layak dibiayai adalah pedagang karena putaran cash flownya yang cepat, 2. Melihat potensi wilayah, BMT Amanah Usaha Mulia Magelang hanya menyasar ke wilayah yang potensi ekonominya baik, 3. Potensi pasar, BMT Amanah Usaha Mulia Magelang hanya market kepasar yang potensi dan pasar Babrik. Serta dalam memilih bauran pemasaran yang dilakukan BMT AULIA adalah: 1. Strategi pemasaran, produk yang dimiliki adalah produk yang bebas dari unsur riba, 2. Strategi harga, penetapan strategi harga dalam pemasaran produk dengan setoran awal Rp. 10.000,- untuk SIRELA (simpanan suka rela) setoran selanjutnya minimal Rp. 5.000,- dan setoran awal Rp. 2.000,- (wadiah), 3. Strategi promosi, yang digunakan dalam menghadapi persaingan dalam memasarkan produknya sarana atau alat yang digunakan adalah periklanan (advertising), publisitas (publicity), dan penjualan pribadi (personal selling), 4.Strategi distribusi, dengan layanan jemput bola maupun menjangkau pasar yang jauh sekalipun nasabah tidak usah datang ke BMT seperti pasar Tegalrejo, pasar Babrik, dan pasar Blabak atau kerumah-rumah yang jauh dari jangkauan sehingga yang jauh dari lokasi dapat memanfaatkan layanan tersebut.

[error in script]
Item Type: Thesis (Diploma)
Contributors:
ContributionContributors (e.g. Thesis Advisor)Email
Thesis advisorAgriyanto, RatnoUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Strategi pemasaran; Bank Muamalah wa Tamwil (BMT); Nasabah
Subjects: 200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.2 Islam Doctrinal Theology, Aqaid and Kalam > 297.27 Islam and social sciences > 297.273 Islam and economics
600 Technology (Applied sciences) > 650 Management and auxiliary services > 658 General management > 658.8 Marketing management (pemasaran, distribusi)
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Perbankan Syariah (D3)
Depositing User: Mohamad Akyas
Date Deposited: 23 Feb 2019 02:30
Last Modified: 23 Feb 2019 02:30
URI: http://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/9071

Actions (login required)

View Item View Item