Strategi marketing pada produk SIRELA (Simpanan Sukarela Lancar) di BMT Al Hikmah Cabang Babadan

Mufaricha, Ifah (2018) Strategi marketing pada produk SIRELA (Simpanan Sukarela Lancar) di BMT Al Hikmah Cabang Babadan. Diploma thesis, UIN Walisongo Semarang.

[img]
Preview
Text
skripsi lengkap.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (3MB) | Preview

Abstract

BMT Al Hikmah Ungaran merupakan lembaga keuangan syariah yang melakukan kegiatan penghimpunan dana melalui mekanisme simpanan. Salah satu produk simpanan unggulannya yaitu SIRELA (Simpanan Sukarela Lancar) memerlukan strategi marketing yang baik dan tepat. Anggota sangat penting dalam kegiatan operasional BMT. Perkembangan suatu BMT dapat dilihat dari jumlah anggotanya. Pengenalan suatu produk kepada konsumen atau masyarakat memberikan peluang dalam menarik calon anggota. Memperhatikan hal tersebut di atas, penulis memandang penting untuk melakukan penelitian dengan judul “Strategi Marketing pada Produk Sirela (Simpanan Sukarela Lancar) di BMT Al Hikmah cabang Babadan” Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui strategi marketing yang diterapkan di BMT BMT Al Hikmah cabang Babadan dan untuk mengetahui tingkat perkembangan sirela. Adapun metode yang digunakan adalah pendekatan kualitatif. Seumber data yang penulis gunakan yaitu data primer dan sekunder. Dalam pengumpulan datana enulis melakukan wawancara, observasi dan dokumentasi. Serta analisis data menggunakan metode kualitatif deskriptif. Strategi yang digunakan oleh BMT Al Hikmah cabang Babadan yaitu dengan persiapan pribadi marketing yang meliputi performa marketing, alat kerja, planning (perencanaan) dan komunikasi. Selain itu ada penetapan target, adanya target tertentu marketing menjadi lebih bersemangat dan bekerja lebih giat. Dengan menggunakan promotion yang meliputi periklanan menggunakan brosur, spanduk dan kalender, penjualan pribadi (personal selling), promosi penjualan (sales promotion), serta publisitas (publicity). Yang terakhir dengan mendatangi calon anggota sehingga mempermudah nasabah yang tidak mempunyai banyak waktu untuk menabung di kantor BMT Al Hikmah cabang Babadan.

[error in script]
Item Type: Thesis (Diploma)
Contributors:
ContributionContributors (e.g. Thesis Advisor)Email
Thesis advisorAgriyanto, RatnoUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Strategi pemasaran; Simpanan; Tabungan; Bank Muamalah wa Tamwil (BMT)
Subjects: 200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.2 Islam Doctrinal Theology, Aqaid and Kalam > 297.27 Islam and social sciences > 297.273 Islam and economics
600 Technology (Applied sciences) > 650 Management and auxiliary services > 658 General management > 658.8 Marketing management (pemasaran, distribusi)
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Perbankan Syariah (D3)
Depositing User: Mohamad Akyas
Date Deposited: 23 Feb 2019 02:33
Last Modified: 23 Feb 2019 02:33
URI: http://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/9073

Actions (login required)

View Item View Item