Efektifitas Model Pembelajaran Group Investigation (GI) dengan Menggunakan Alat Peraga terhadap Hasil Belajar Peserta Didik pada Materi Geometri Ruang Kelas X Semester Genap MA Bustanul Ulum Pati Tahun Pelajaran 2011/2012

Syafi’i, Ahmad (2012) Efektifitas Model Pembelajaran Group Investigation (GI) dengan Menggunakan Alat Peraga terhadap Hasil Belajar Peserta Didik pada Materi Geometri Ruang Kelas X Semester Genap MA Bustanul Ulum Pati Tahun Pelajaran 2011/2012. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Walisongo.

[img]
Preview
Text
083511004_Coverdll.pdf - Cover Image

Download (612kB) | Preview
[img]
Preview
Text
083511004_Bab1.pdf - Accepted Version

Download (26kB) | Preview
[img]
Preview
Text
083511004_Bab2.pdf - Accepted Version

Download (2MB) | Preview
[img]
Preview
Text
083511004_Bab3.pdf - Accepted Version

Download (88kB) | Preview
[img]
Preview
Text
083511004_Bab4.pdf - Accepted Version

Download (95kB) | Preview
[img]
Preview
Text
083511004_Bab5.pdf - Accepted Version

Download (17kB) | Preview
[img]
Preview
Text
083511004_Bibliografi.pdf - Bibliography

Download (8kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui keefektifan model pembelajaran Group Investigation (GI) dengan menggunakan alat peraga terhadap hasil belajar peserta didik pada materi geometri ruang semester genap kelas X MA Bustanul Ulum Pati tahun pelajaran 2011/2012. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif yang berdesain eksperimen static group comparison. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas X MA Bustanul Ulum Pati yang terdiri dari dua kelas dengan jumlah peserta didik 75, karena kelas X hanya terdiri dari dua kelas maka penelitian di sini merupakan penelitian populasi kemudian dilakukan uji normalitas dan homogenitas pada seluruh populasi, maka kelas X-A ditetapkan sebagai kelas eksperimen yang terdiri dari 39 peserta didik. Selanjutnya kelas eksperimen diberi perlakukan (treatment) dalam hal pembelajarannya, yakni diterapkan model pembelajaran Group Investigation (GI) dengan menggunakan alat peraga. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan metode tes dan dokumentasi. Dari metode dokumentasi diperoleh data peserta didik kelas X dan XI MA Bustanul Ulum Pati, beserta data hasil ulangan pada materi trigonometri tahun pelajaran 2011/2012. Sedangkan tes diberikan setelah kelas ekperimen setelah diberi perlakuan. Sebelum tes tersebut diberikan, terlebih dahulu dilakukan uji validitas, reliabilitas, tingkat kesukaran, dan daya beda butir soal tes. Dalam menganalisis data nilai post test digunakan uji t pihak kiri. Pada pengujian hipotesis dengan menggunakan uji t pihak kiri tersebut diperoleh thitung = 5,597dan dari tabel distribusi t diperoleh ttabel = 1.685 dengan α = 0,05 dan dk = 39 – 1 = 38. Hal ini menunjukkan bahwa thitung > ttabel. Jadi H0: diterima. Sedangkan nilai rata-rata hasil belajar kelas eksperimen 75,49. Dari sini terlihat bahwa nilai rata-rata hasil belajar kelas eksperimen yang diajar dengan model pembelajaran Group Investigation (GI) dengan menggunakan alat peraga pada materi geometri ruang lebih tinggi daripada nilai KKM. Selain itu, ketuntasan belajar kelas eskperimen mencapai 82,05%. Sehingga dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran Group Investigation (GI) dengan menggunakan alat peraga efektif terhadap hasil belajar peserta didik pada materi geometri ruang kelas X semester genap di MA Bustanul Ulum tahun pelajaran 2011/2012. Dengan adanya penelitian ini diharapkan para pendidik dapat menerapkan model pembelajaran Group investigation menggunakan alat peraga untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik pada materi lain yang sesuai. Pendidik juga diharapkan dapat mengembangkan kreativitas variasi pembelajarannya di kelas agar peserta didik semangat dalam mengikuti kegiatan belajar mengajar.

[error in script]
Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Group Investigation (GI); Alat Peraga; Hasil Belajar; Geometri Ruang
Subjects: 200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.7 Propagation of Islam > 297.77 Islamic religious education
300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Tadris > Tadris Matematika
Depositing User: Arman Khairon
Date Deposited: 14 Dec 2013 02:29
Last Modified: 14 Dec 2013 02:29
URI: http://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/912

Actions (login required)

View Item View Item