Hubungan Kecerdasan Emosional dengan Hasil Belajar Fisika Materi Kalor pada Peserta Didik Kelas X di MAN Kota Tegal Tahun Pelajaran 2011/2012

Maulana, Lukni (2012) Hubungan Kecerdasan Emosional dengan Hasil Belajar Fisika Materi Kalor pada Peserta Didik Kelas X di MAN Kota Tegal Tahun Pelajaran 2011/2012. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Walisongo.

[img]
Preview
Text
083611012_Coverdll.pdf - Cover Image

Download (313kB) | Preview
[img]
Preview
Text
083611012_Bab1.pdf - Accepted Version

Download (67kB) | Preview
[img]
Preview
Text
083611012_Bab2.pdf - Accepted Version

Download (263kB) | Preview
[img]
Preview
Text
083611012_Bab3.pdf - Accepted Version

Download (196kB) | Preview
[img]
Preview
Text
083611012_Bab4.pdf - Accepted Version

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
083611012_Bab5.pdf - Accepted Version

Download (16kB) | Preview
[img]
Preview
Text
083611012_Bibliografi.pdf - Accepted Version

Download (12kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah ada hubungan kecerdasan emosional dengan hasil belajar fisika materi kalor pada peserta didik kelas X di MAN kota Tegal tahun pelajaran 2011/2012. Penelitian ini merupakan jenis penelitian korelasional, karena bertujuan untuk mengetahui ada tidaknya hubungan antara dua variabel atau beberapa variabel. Metode yang digunakan dalam penelitian adalah metode korelasi. Populasi dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas X, kemudian diambil sampel 66 peserta didik dengan menggunakan metode proportional random sampling. Pengumpulan data menggunakan instrumen angket (kuesioner) untuk memperoleh data varibel X, sedangkan tes hasil belajar untuk memperoleh data variabel Y. Hal ini ditunjukkan dengan rata-rata nilai angket sebesar 127,14 dengan predikat cukup baik. Demikian juga dengan hasil belajar siswa berada pada predikat cukup baik dengan nilai rata-rata yang diperoleh 73,42. Analisis hubungan antara variabel kecerdasan emosional (X) dan variabel hasil belajar fisika (Y) diuji dengan rumus korelasi product moment dari Pearson. Berdasarkan hasil perhitungan, diperoleh nilai = 0,388, sedangkan nilai rtabel = 0,246. Karena rhitung > rtabel pada taraf signifikansi 5%, maka ada hubungan antara variabel X dengan variabel Y. Selanjutnya nilai rhitung ini diuji signifikansi dengan uji t. Berdasarkan hasil perhitungan diperoleh nilai thitung = 3,367. Sedangkan nilai ttabel = 1,998. Karena thitung > ttabel pada taraf signifikansi 5%, maka korelasi antara variabel X dan Y adalah signifikan. Sehingga dapat disimpulkan bahwa ada hubungan yang signifikan antara kecerdasan emosional dengan hasil belajar fisika materi kalor pada peserta didik kelas X di MAN kota Tegal. Dengan penelitian ini diharapkan dapat memberikan informasi kepada orang tua dan pendidik dalam membimbing dan memotivasi peserta didik untuk menggali kecerdasan emosional yang dimilikinya dan bagi peserta didik diharapkan agar dapat menggunakan kecerdasan emosional yang dimilikinya untuk mencapai hasil belajar yang diinginkan.

[error in script]
Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Kecerdasan Emosional; Hasil Belajar Fisika; Materi Kalor
Subjects: 100 Philosophy and psychology > 150 Psychology > 152 Perception, movement, emotions, drives
200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.7 Propagation of Islam > 297.77 Islamic religious education
500 Natural sciences and mathematics > 530 Physics > 536 Heat
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Tadris > Tadris Fisika
Depositing User: Arman Khairon
Date Deposited: 14 Dec 2013 03:11
Last Modified: 14 Dec 2013 03:11
URI: http://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/913

Actions (login required)

View Item View Item