Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Mapel IPS Materi Pokok Sumber Daya Alam melalui Metode Diskusi Kelompok pada Kelas IV MI Darus Sa’adah Tlogosari Kulon Semarang Tahun 2012-2013

Qurbani, Ulul Albab (2013) Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Mapel IPS Materi Pokok Sumber Daya Alam melalui Metode Diskusi Kelompok pada Kelas IV MI Darus Sa’adah Tlogosari Kulon Semarang Tahun 2012-2013. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Walisongo.

[img]
Preview
Text
083911056_Coverdll.pdf - Cover Image

Download (446kB) | Preview
[img]
Preview
Text
083911056_Bab1.pdf - Accepted Version

Download (25kB) | Preview
[img]
Preview
Text
083911056_Bab2.pdf - Accepted Version

Download (100kB) | Preview
[img]
Preview
Text
083911056_Bab3.pdf - Accepted Version

Download (62kB) | Preview
[img]
Preview
Text
083911056_Bab4.pdf - Accepted Version

Download (92kB) | Preview
[img]
Preview
Text
083911056_Bab5.pdf - Accepted Version

Download (16kB) | Preview
[img]
Preview
Text
083911056_Bibliografi.pdf - Bibliography

Download (11kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini berawal dengan adanya permasalahan dikelas IV MI Darus Sa’adah yaitu rendahnya hasil belajar pada mata pelajaran IPS dikarenakan pendidik sering menggunakan metode pembelajaran konfensional yang mengakibatkan berpengaruhnya nilai siswa. Dengan adanya hal tersebut mengakibatkan kurangnya partisipasi peserta didik pada pelajaran IPS, kemudian kegiatan belajar mengajar juga didominasi oleh guru, peserta didik yang tidak memahami materi tersebut tidak mau bertanya hanya diam dan asyik bercerita dan hanya mendengarjan saja saat KBM berlangsung. Dengan adanya penelitian ini diharapkan pembelajaran melalui metode diskusi kelompok akan meningkatkan hasil belajar peserta didik pada mata pelajaran IPS. Tujuan penelitian ini yaitu: 1) Untuk meningkatkan hasil belajar siswa mata pelajaran IPS materi pokok sumber daya alam kelas IV dengan menggunakan metode diskusi kelompok. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas. Penelitian ini dilaksanakan dalam 2 (dua) siklus, masing-masing siklus terdiri atas 4 tahap yaitu perencanaan, tindakan, pengamatan, dan refleksi. Sedangkan teknik pengambilan data ada 4 metode yaitu (1) tes, dan (2) Observasi. Hasil penelitian menunjukkan adanya keberhasilan dalam meningkatkan hasil belajar siswa dalam pembelajaran IPS melalui diskusi kelompok yaitu ditunjukan dengan adanya nilai hasil belajar yang dapat di lihat berdasarkan perolehan nilai rata - ratanya pada Pra siklus 59,7916 menjadi 64,791 pada siklus I dan meningkat lagi menjadi 70 pada siklus II. Hal ini dinyatakan dari hasil peningkatan hasil belajar siswa berdasarkan perolehan jumlah sekor dalam bentuk persentase pada pra siklus 33.33% menjadi 62,5% pada siklus I dan meningkat lagi pada siklus II menjadi 87,5% . Berdasarkan hasil penelitian ini di harapkan menjadi bahan informasi dan masukan bagi mahasiswa yang lain, para tenaga pengajar, dan semua pihak yang membutuhkan di lingkungan IAIN Walisonggo semarang khususnya fakultas tarbiyah.

[error in script]
Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Ilmu Pengetahuan Sosial; Sumber Daya Alam ; Diskusi Kelompok
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education
300 Social sciences > 370 Education > 372 Elementary education
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Farid Ma'ruf
Date Deposited: 16 Dec 2013 04:50
Last Modified: 16 Dec 2013 04:50
URI: http://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/922

Actions (login required)

View Item View Item