Mitos kecantikan dalam masyarakat konsumsi

Aini, Fika Nur (2018) Mitos kecantikan dalam masyarakat konsumsi. Undergraduate (S1) thesis, UIN Walisongo Semarang.

[img]
Preview
Text
1404016042.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (2MB) | Preview

Abstract

Citra diri yang dimiliki oleh wanita berada pada aturan absolut yaitu kecantikan. Mitos kecantikan merupakan upaya masyarakat patriarki untuk mengendalikan wanita melalui kecantikannya. Konstruksi terhadap realitas kecantikan wanita yang disuguhkan dalam bentuk iklan dapat membentuk pola pikir dan tertanam sangat kuat pada benak masyarakat mengenai pandangan citra kecantikan sehingga secara tidak langsung, wanita yang ingin terlihat cantik akan tergugah untuk hidup konsumtif. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif dengan menggunakan analisa perspektif teori masyarakat konsumsi. Hasil dari penelitian ini adalah Budaya masyarakat konsumsi sebagai bentuk pertukaran tanda, yang memiliki arti menjadi: (1) Sesuai dengan zaman, (2) Mengkonsumsi produk yang elit berakibat pada pengangkatan kelas sosial, (3) Kecantikan sebagai media kekuasaan. Keberadaan masyarakat konsumsi membutuhkan produk-produk yang sesuai dengan impian simulakra masyarakat konsumsi, ketika kecantikan sebagai simulakra atau realitas yang diciptakan oleh hegemoni kuasa maka dibutuhkan alat, hasil teknologi yang mendukung pengertian tentang kecantikan tersebut. Hasil produksi kemudian dijual, diiklankan, dan dikonsumsi oleh masyarakat sehingga mitos kecantikan menjadi sesuatu yang dimaknai dalam konteks kepentingan industri. Mitos kecantikan tidak relevan dengan konsep wanita sholihah. Standart kecantikan yang diteteapkan oleh Allah bukan kecantikan fisik semata, tetapi kebaikan hati dan kemuliaan akhlaklah yang menjadi standar kecantikan seseorang.

[error in script]
Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Contributors:
ContributionContributors (e.g. Thesis Advisor)Email
Thesis advisorMachrus, MachrusUNSPECIFIED
Thesis advisorAdzvar, ZainulUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Mitos kecantikan; Masyarakat konsumsi; Industri
Subjects: 200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.5 Islamic ethics, practice > 297.57 Religious experience, life, practice
300 Social sciences > 306 Culture and institutions
Divisions: Fakultas Ushuluddin dan Humaniora > Aqidah Filsafat Islam
Depositing User: Muhammad Khozin
Date Deposited: 25 Mar 2019 10:24
Last Modified: 25 Mar 2019 10:24
URI: http://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/9230

Actions (login required)

View Item View Item