Efektivitas penggunaan modul fisika berbasis integrasi sains dan Islam pada materi gerak lurus kelas X SMA/MA

Susilowati, Febri (2018) Efektivitas penggunaan modul fisika berbasis integrasi sains dan Islam pada materi gerak lurus kelas X SMA/MA. Undergraduate (S1) thesis, UIN Walisongo Semarang.

[img]
Preview
Text
133611077.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (16MB) | Preview

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui perbedaan rata-rata hasil belajar antara siswa kelas kontrol dengan siswa kelas eksperimen siswa MA Futuhiyyah 2 mranggen kelas X materi Gerak Lurus dan untuk mengetahui efektivitas penggunaan modul Fisika berbasis integrasi sains dan Islam pada materi Gerak Lurus. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dan rancangan penelitian yang digunakan adalah Control Group Pretest-Posttest Design. Subjek penelitian adalah siswa kelas X IPA MA Futuhiyyah 2 Mranggen. Modul yang dikembangkan adalah modul Fisika berbasis integrasi sains dan Islam.Teknik pengumpulan data dilakukan dengan metode tes, angket, dokumentasi dan wawancara. Hasil analisis data penelitian dengan uji t menunjukkan t_hitung>t_tabelyang berarti hasil belajar siswa kelas eksperimen lebih baik dibanding hasil belajar siswa kelas kontrol. Analisis peningkatan hasil belajar siswa kelas eksperimen diperoleh nilai gain sebesar 0,32 dan kelas kontrol sebesar 0,19. Berdasarkan hasil penelitian ini, dapat disimpulkan bahwa proses pembelajaran menggunakan modul Fisika berbasis sains dan Islam efektif untuk meningkatkan hasil belajar siswa.

[error in script]
Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Contributors:
ContributionContributors (e.g. Thesis Advisor)Email
Thesis advisorAnwar, Edi DaenuriUNSPECIFIED
Thesis advisorFariyani, QisthiUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Modul Fisika; Integrasi sains dan Islam; Hasil belajar; Modul pembelajaran
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.3 Metode, kegiatan belajar mengajar; metode pembelajaran
500 Natural sciences and mathematics > 530 Physics
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > Pendidikan Fisika
Depositing User: Muhammad Khozin
Date Deposited: 26 Mar 2019 05:44
Last Modified: 26 Mar 2019 05:44
URI: http://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/9246

Actions (login required)

View Item View Item