Pengaruh Penggunaan Bahasa Cinta dalam Pembelajaran terhadap Psikologi Belajar Siswa di MI Asyafi’iyah Kalisoka Dukuhwaru Tegal Tahun Ajaran 2012/2013

Fauziyah, Minkhah (2013) Pengaruh Penggunaan Bahasa Cinta dalam Pembelajaran terhadap Psikologi Belajar Siswa di MI Asyafi’iyah Kalisoka Dukuhwaru Tegal Tahun Ajaran 2012/2013. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Walisongo.

[img]
Preview
Text
083911076_Coverdll.pdf - Cover Image

Download (567kB) | Preview
[img]
Preview
Text
083911076_Bab1.pdf - Accepted Version

Download (28kB) | Preview
[img]
Preview
Text
083911076_Bab2.pdf - Accepted Version

Download (173kB) | Preview
[img]
Preview
Text
083911076_Bab3.pdf - Accepted Version

Download (63kB) | Preview
[img]
Preview
Text
083911076_Bab4.pdf - Accepted Version

Download (140kB) | Preview
[img]
Preview
Text
083911076_Bab5.pdf - Accepted Version

Download (13kB) | Preview
[img]
Preview
Text
083911076_Bibliografi.pdf - Bibliography

Download (13kB) | Preview

Abstract

Skripsi ini dilatarbelakangi oleh berbagai macam perbedaan baik secara biologis, intelektual, maupun secara psikologis yaitu beberapa fenomena yang terdapat pada masing-masing siswa ketika di sekolah diantaranya ada siswa yang nakal, siswa tertekan, siswa minder, penakut, pemalu, tegang, tidak semangat dalam belajar, untuk itu siswa di MI Asyafi’iyah Kalisoka Kecamatan Dukuhwaru Tegal membutuhkan seorang guru yang mampu memahami karakteristik anak didik sehingga mudah melaksanakan interaksi edukatif. Pentingnya penyampaian bahasa cinta bagi perkembangan psikologi individu anak. Karena dengan kehadiran guru dengan bahasa cinta , proses pembelajaran akan lebih menyenangkan, membuat kehadirannya mampu memunculkan hal terbaik yang ada pada diri anak. Pembelajaran positif mendukung permasalahan yang lebih baik, dan kualitas pembelajaran yang lebih tinggi. Anak didik yang berada di dalam lingkungan yang positif dan menyenangkan cenderung akan mengalami perkembangan memori, pembelajaran, dan perasaan penghargaan diri bagi masing-masing individu menjadi lebih percaya diri. Studi ini dimaksudkan untuk menjawab permasalahan: 1) Bagaimanakah penggunaan bahasa cinta dalam pembelajaran di MI As Syafi’iyah Kalisoka Dukuhwaru Tegal? 2) Bagaimanakah psikologi belajar siswa di MI As Syafi’iyah Kalisoka Dukuhwaru Tegal? 3) Sejauh mana pengaruh penggunaan bahasa cinta dalam pembelajaran terhadap psikologi belajar siswa di MI As Syafi’iyah Kalisoka Dukuhwaru Tegal?. Penelitian ini adalah penelitian korelasional dengan analisis product moment. Subyek penelitian sebanyak 86 siswa, menggunakan teknik populasi. Pengumpulan data menggunakan instrument quesioner. Data penelitian yang terkumpul dianalisis dengan menggunakan analisis statistik deskriptif dan inferensial yaitu menggunakan teknik product Moment. Pengujian hipotesis penelitian menggunakan analisis korelasi uji. Hasil belajar menunjukkan bahwa: terdapat pengaruh positif antara penggunaan bahasa cinta dalam pembelajaran dengan psikologi belajar siswa di MI AS Syafi’iyah Kalisoka Dukuhwaru Tegal. Hal ini ditunjukkan rxy = 0,81706> rt (0,05) = 0,173 dan rxy = 0,81706 > rt (0,01) = 0,242. Dengan rxy > rt ( 0,05 dan 0,01) ada pengaruh positif antara penggunaan bahasa cinta dalam pembelajaran dengan psikologi belajar siswa di MI As Syafi’iyah Kalisoka Dukuhwaru Tegal. setelah diketahui hubungannya kemudian dilakukan perhitungan menggunakan rumus regresi untuk mengetahui pengaruh penggunaan bahasa cinta dalam pembelajaran dengan psikologi belajar siswa di MI As Syafi’iyah Kalisoka Dukuhwaru Tegal, dalam uji Freg diketahui, bahwa nilainya sebesar 168,69 kemudian hasil yang diperoleh dikonsultasikan dengan tabel Ft 0,05 = 3,94 dan Ft 0,01 = 6,90. Dengan demikian, Freg = 168,69 > Ft 0,05 = 3,94 dan Freg = 168,69 > Ft 0,01 = 6,90 berarti signifikan. Hipotesis yang menyatakan ada pengaruh positif antara pengaruh penggunaan bahasa cinta dalam pembelajaran dengan psikologi belajar siswa di MI As Syafi’iyah Kalisoka Dukuhwaru Tegal.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Bahasa Cinta; Psikologi Belajar
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Farid Ma'ruf
Date Deposited: 16 Dec 2013 04:53
Last Modified: 16 Dec 2013 04:53
URI: http://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/925

Actions (login required)

View Item View Item