Efektivitas model Course Review Horay (CRH) terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran PAI materi mengonsumsi makanan dan minuman yang halal dan menjauhi yang haram di kelas VIII SMPN 30 Semarang tahun ajaran 2017/2018

Wijaya, Irma Sintia (2018) Efektivitas model Course Review Horay (CRH) terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran PAI materi mengonsumsi makanan dan minuman yang halal dan menjauhi yang haram di kelas VIII SMPN 30 Semarang tahun ajaran 2017/2018. Undergraduate (S1) thesis, UIN Walisongo Semarang.

[img]
Preview
Text
114411035.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (4MB) | Preview

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui efektivitas model Course Review Horay (CRH) terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran PAI materi mengonsumsi makanan dan minuman yang halal dan menjauhi yang haram di kelas VIII SMP Negeri 30 Semarang. Kajiannya dilatarbelakangi oleh pembelajaran PAI yang sering didominasi oleh guru, namun adakalanya juga melibatkan siswa melalui pembelajaran diskusi. Hal ini menyebabkan pembelajaran menjadi kurang menarik dan tidak menyenangkan. Sehingga perlu adanya inovasi dalam pembelajaran dengan penerapan model CRH agar pembelajaran lebih menarik dan menyenangkan, serta dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan metode yang digunakan adalah metode eksperimen. Subjek penelitiannya adalah siswa kelas VIII A dan kelas VIII H SMP Negeri 30 Semarang. Kelas VIII A sebagai kelas eksperimen dengan menggunakan model Course Review Horay dan kelas VIII H sebagai kelas kontrol dengan menggunakan model pembelajaran konvensional. Instrumen yang digunakan adalah tes hasil belajar. Soal tes hasil belajar yang digunakan sebanyak 28 soal. Teknik analisis data menggunakan metode statistik uji-t (uji beda), untuk menguji hipotesis penelitian dilakukan konsultasi pada tabel distribusi “t” pada taraf signifikansi 5 %. Temuan hasil penelitian ini adalah model Course Review Horay (CRH) efektif terhadap hasil belajar siswa pada materi mengonsumsi makanan dan minuman yang halal dan menjauhi yang haram dibandingkan model pembelajaran konvensional. Hal ini ditunjukkan dari hasil pengujian hipotesis dengan menggunakan uji-t diperoleh nilai thitung > ttabel yaitu 2,778 > 1,667 dengan taraf signifikansi 5%. Selain itu dilihat dari hasil posttest kelas eksperimen menunjukkan nilai rata-rata 91,6 lebih tinggi dari kelas kontrol dengan nilai rata-rata adalah 87,4167.

[error in script]
Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Contributors:
ContributionContributors (e.g. Thesis Advisor)Email
Thesis advisorWahid, AbdulUNSPECIFIED
Thesis advisorSutiyono, AgusUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Model pembelajaran; Course Review Horay; Hasil belajar; Pendidikan Agama Islam (PAI); Makanan halal dan haram
Subjects: 200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.7 Propagation of Islam > 297.77 Islamic religious education
300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.3 Metode, kegiatan belajar mengajar; metode pembelajaran
Divisions: Fakultas Ushuluddin dan Humaniora > Ilmu Al-Quran dan Tafsir (Tafsir Hadis)
Depositing User: Muhammad Khozin
Date Deposited: 26 Mar 2019 05:58
Last Modified: 26 Mar 2019 05:58
URI: http://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/9254

Actions (login required)

View Item View Item