Pengaruh zuhud terhadap penerimaan diri pada siswa di SMA Yasiha Gubug

Choiriyah, Mifatul (2018) Pengaruh zuhud terhadap penerimaan diri pada siswa di SMA Yasiha Gubug. Undergraduate (S1) thesis, UIN Walisongo Semarang.

[img]
Preview
Text
1404046081.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (11MB) | Preview

Abstract

Dilihat dari sudut pandang pendidikan agama Islam di SMA Yasiha Gubug, siswa telah diajarkan tentang ilmu pendidikan Islam dengan hal tersebut maka siswa sudah memiliki budi pekerti yang baik (akhlaq al-kariimah) ditempatkan pada unsur terpenting dari tujuan yang hendak dicapai. di SMA yasiha telah menerapkan konsep zuhud melalui proses pembelajaran di sekolah. Akan tetapi dengan konsep pendidikan zuhud tersebut tak jarang dari siswa memiliki penerimaan diri yang tinggi mereka sangat sulit untuk menyesuaikan diri dengan teman maupun kaka kelas dan sedikit dari mereka tidak berminat untuk mengikuti kegiatan sosial. Untuk itu penerimaan diri sangat dibutuhkan siswa-siswi Karena dengan penerimaan diri tersebut siswa dapat berhubungan baik dan mengerti orang lain disekitarnya. Apabila siswa tidak mampu mempunyai konsep menerima diri dalam dirinya, maka ia akan sulit menyesuaikan diri dan tidak mampu menunjukkan potensinya. Secara singkat inilah yang melatarbelakangi peneliti untuk melakukan penelitian ini. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh zuhud terhadap penerimaan diri pada siswa SMA Yasiha Gubug. Penelitian ini bersifat kuantitatif dengan penedekatan kolerasi. Penentuan sampel dalam penelitian ini dilakukan dengan tehnik cluster random sampling, berdasarkan tehnik tersebut diambil sampel sebanyak tiga kelas terdiri dari (X IPA II, XI IPA III, dan XI IPA II dengan jumlah 95 siswa. Pengumpulan data dilakukan melalui penyebaran skala. Analisis data menggunakan tehnik regresi linier sederhana dengan menggunakan bantuan SPSS (statistical program for social service) versi 16.0 for windows. Hasil uji hipotesis diperoleh koefisien regresi R= 0. 486, serta nilai F= 28. 800 dengan sig= 0. 000. Sehingga dari data tersebut maka hipotesis diterima. Penelitian ini mendapat sumbangan efektif R2 = 0. 236 yang menunjukkan adanya 23.6 % variabel penerimaan diri di pengaruhi oleh zuhud. demikian dapat ditarik kesimpulan bahwa zuhud cukup mempengaruhi penerimaan diri, dimana seorang siswa jika memiliki sikap zuhud maka akan berpengaruh pada penerimaan diri yang cukup tinggi.

[error in script]
Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Contributors:
ContributionContributors (e.g. Thesis Advisor)Email
Thesis advisorHadziq, AbdullahUNSPECIFIED
Thesis advisorRejeki, SriUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Zuhud; Penerimaan diri; Siswa SMA
Subjects: 100 Philosophy and psychology > 150 Psychology > 155 Differential and developmental psychology
200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.5 Islamic ethics, practice
Divisions: Fakultas Ushuluddin dan Humaniora > Tasawuf dan Psikoterapi
Depositing User: Muhammad Khozin
Date Deposited: 02 Apr 2019 05:15
Last Modified: 02 Apr 2019 05:15
URI: http://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/9277

Actions (login required)

View Item View Item