Analisis aktivitas kritis peserta didik dalam menyelesikan masalah jenis well structured problem, moderately structured problem dan ill structured problem pada materi segitiga dan segiempat kelas VII SMP IT Al-Madani tahun ajaran 2016/2017

Khasanah, Uswatun (2017) Analisis aktivitas kritis peserta didik dalam menyelesikan masalah jenis well structured problem, moderately structured problem dan ill structured problem pada materi segitiga dan segiempat kelas VII SMP IT Al-Madani tahun ajaran 2016/2017. Undergraduate (S1) thesis, UIN Walisongo Semarang.

[img] Text
133511070.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (7MB)

Abstract

Aktivitas kritis merupakan salah satu aktivitas yang penting dalam pembelajaran matematika, karena aktivitas kritis merupakan kegiatan yang bertujuan untuk merangsang agar peserta didik dapat mengembangkan pola berfikir kritis. Aktivitas kritis dapat terlihat pada saat proses pembelajaran berlangsung, salah satunya terlihat pada saat peserta didik dihadapkan pada masalah. Penelitian ini bertujuan untuk memaparkan bagaimana aktivitas kritis peserta didik kelompok atas, sedang dan bawah dalam menyelesaikan masalah jenis well structured problem, moderately structured problem, dan ill structured problem pada materi segitiga dan segiempat di kelas VII SMP IT AL MADANI Gunung Pati tahun ajaran 2016/2017. Penelitian ini merupakan jenis penelitian kualitatif dengan metode penelitian deskriptif. Dengan metode pengumpulan data berupa dokumentasi, tes dan wawancara. Penelitian ini dilaksanakan pada semester genap tahun ajaran 2016/2017. Subjek penelitian ini adalah peserta didik kelas VII-B yang berjumlah 25 peserta didik. Dari kelas tersebut kemudian diambil enam peserta didik yaitu masing-masing dua peserta didik dari kelompok atas, sedang dan bawah berdasarkan nilai raport matematika peserta didik kelas VII semester ganjil. Berdasarkan analisis data dapat disimpulkan bahwa: (a) Aktivitas kritis peserta didik dalam menyelesaikan masalah wel,moderately dan ill structured problem menunjukkan bahwa peserta didik dari kelompok atas, sedang dan bawah dapat menyebutkan informasi dalam soal. (b) Aktivitas kritis peserta didik dalam menyelesaikan masalah wel, moderately dan ill structured problem menunjukkan bahwa hanya subjek S1 dan S3 yang dapat menyelesaikan masalah dengan lebih dari satu cara (c) Aktivitas kritis peserta didik dalam menyelesaikan masalah well, moderately dan illl structured problem menunjukkan bahwa subjek dari kelompok atas, sedang dan bawah dapat menyelesaikan masalah secara sistematis. (d) Aktivitas kritis peserta didik dalam menyelesaikan masalah well, moderately dan illl structured problem menunjukkan bahwa subjek dari kelompok atas, sedang dan bawah tidak dapat menyelesaikan masalah yang ditemukan.

[error in script]
Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Contributors:
ContributionContributors (e.g. Thesis Advisor)Email
Thesis advisorSiswanah, EmyUNSPECIFIED
Thesis advisorSetyaningsih, Sri ImaniUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Aktivitas kritis; Metode pembelajarabn; Well structured problem; Moderately structured problem; Ill structured problem; Pembelajaran matematika
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.3 Metode, kegiatan belajar mengajar; metode pembelajaran
500 Natural sciences and mathematics > 510 Mathematics > 519 Probabilities and applied mathematics
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > Pendidikan Matematika
Depositing User: Muhammad Khozin
Date Deposited: 15 Apr 2019 09:22
Last Modified: 15 Apr 2019 09:22
URI: http://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/9281

Actions (login required)

View Item View Item