Studi komparasi hasil belajar materi sistem ekskresi siswa kelas VIII dengan model pembelajaran tipe NHT (Numbered Head Together) dan tipe STAD (Student Team Achievment Division) di SMP N 1 Weleri

Emelia, Qiqi Rizqi (2018) Studi komparasi hasil belajar materi sistem ekskresi siswa kelas VIII dengan model pembelajaran tipe NHT (Numbered Head Together) dan tipe STAD (Student Team Achievment Division) di SMP N 1 Weleri. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of 123811060.pdf]
Preview
Text
123811060.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (5MB) | Preview

Abstract

Pemilihan metode pembelajaran sangat penting karena dapat membantu mempermudah pemahaman peserta didik dan melatih kemampuan kognitifnya, terutama pada materi yang sulit seperti sistem ekskresi. Skripsi ini bertujuan untuk mengetahui dan mendeskripsikan: (1) Hasil belajar siswa yang menggunakan model pembelajaran NHT (Numbered Head Together) (2) Hasil belajar siswa yang menggunakan model pembelajaran STAD (Student Team Achievment)(3) Perbedaan hasil belajar antara model pembelajaran yang menggunakan tipe STAD dan model pembelajaran tipe NHT di SMP N 1 Weleri Kendal Tahun 2018/ 2019. Penelitian ini termasuk jenis penelitian kuantitatif deskriptif dengan menggunakan tehnik komparatif. Pengambilan sampel dilakukan dengan melihat nilai rata-rata kelas pada pelajaran IPA siswa kelas VIII, diambil 2 kelas yang memiliki nilai rata-rata kelas sama atau mirip. Tehnik pengumpulan data yang digunakan : (1) test (2) Dokumentasi(3) Wawancara. Data penelitian yang terkumpul kemudian dianalisis dengan menggunakan tehnik analisis statistik deskriptif. Hasil uji hipotesis penelitian menggunakan tehnik analisis komparasi yaitu menggunakan rumus t-score (t-test). Pengujian hipotesis penelitian menunjukkan bahwa : ”Ada perbedaan hasil belajar antara model pembelajaran yang menggunakan tipe STAD dan model pembelajaran yang menggunakan tipe NHT di SMPN 1 Weleri Kendal”, dibuktikan dalam tes dengan hasil To (t hasil hitung) : 3,89 lebih besar dari Tt (t tabel) dalam taraf signifikansi 1% (2,65) dan Tt dalam taraf signifikansi 5% (1,99).

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Hasil belajar; Sistem ekskresi; Model pembelajaran; Numbered Head Together (NHT); Student Team Achievment Division (STAD); Pembelajaran biologi
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.3 Metode, kegiatan belajar mengajar; metode pembelajaran
500 Natural sciences and mathematics > 570 Biology
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > 84205 - Pendidikan Biologi
Depositing User: Muhammad Khozin
Date Deposited: 18 Apr 2019 06:26
Last Modified: 28 Jul 2021 06:44
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/9315

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics