Pengembangan media pembelajaran kartun biologi berbasis Teams Games Tournaments (TGT) pada materi jamur kelas X IPA di MAN 1 Pekalongan

Nafi'ah, Haziqatun (2018) Pengembangan media pembelajaran kartun biologi berbasis Teams Games Tournaments (TGT) pada materi jamur kelas X IPA di MAN 1 Pekalongan. Undergraduate (S1) thesis, UIN Walisongo Semarang.

[img]
Preview
Text
133811012.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (16MB) | Preview

Abstract

Kartun merupakan alternatif media pembelajaran yang menyajikan gambar-gambar yang menarik. Kartun sebagai alat bantu mempunyai manfaat penting untuk ingatan peserta didik. Teams Games Tournaments merupakan salah satu model pembelajaran kooperatif yang mudah diterapkan,melibatkan aktivitas seluruh siswa memungkinkan siswa belajar dengan relaks disamping menumbuhkan tanggung jawab, kerja sama, persaingan sehat dan keterlibatan belajar. Materi Jamur merupakan materi yang lebih mudah dan menarik jika disampaikan dalam bentuk kartun. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kelayakan media kartun Biologi berbasis Teams Games Tournaments (TGT) pada materi Jamur kelas X IPA di MAN 1 Pekalongan tahun pelajaran 2017/2018. Penelitian ini merupakan jenis penelitian R&D dengan model pengembangan 4D. Model ini terdiri dari 4 tahap yaitu define (pendefinisian), design (perencanaan), develop (pengembangan) dan disseminate (penyebaran). Teknik pengumpulan data yang dilakukan yaitu dengan wawancara, angket dan dokumentasi.Teknik analisis data dengan menggunakan data kualitatif dan data kuantitatif untuk mengetahui uji kelayakan melalui uji validasi ahli materi, ahli media, guru biologi dan tanggapan peserta didik. Hasil penilaian menunjukkan bahwa media kartun Biologi berbasis Teams Games Tournaments (TGT) ini sangat layak digunakan dalam proses pembelajaran. Hal ini didasarkan pada persentase rata-rata penilaian dari ahli materi 84,23%, untuk ahli media 78,47%, dan guru biologi 83,33%. Adapun hasil untuk persentase tanggapan peserta didik pada kelas kecil 79% dengan kriteria layak, dan tanggapan peserta didik pada kelas besar sebesar 84,7% dengan kriteria sangat layak.

[error in script]
Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Contributors:
ContributionContributors (e.g. Thesis Advisor)Email
Thesis advisorKhoiri, NurUNSPECIFIED
Thesis advisorHidayat, SaifullahUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Media pembelajaran; Kartun biologi; Teams Games Tournaments (TGT); Jamur; Pembelajaran biologi
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.3 Metode, kegiatan belajar mengajar; metode pembelajaran
500 Natural sciences and mathematics > 570 Life sciences > 574 Biology
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > Pendidikan Biologi
Depositing User: Muhammad Khozin
Date Deposited: 18 Apr 2019 09:49
Last Modified: 18 Apr 2019 09:49
URI: http://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/9317

Actions (login required)

View Item View Item