Pengembangan buku identifikasi vertebrata koleksi Kebun Binatang Mangkang sebagai sumber belajar materi animalia kelas X di MA NU 03 Sunan Katong

Aminah, Gayatri Haningtyas (2018) Pengembangan buku identifikasi vertebrata koleksi Kebun Binatang Mangkang sebagai sumber belajar materi animalia kelas X di MA NU 03 Sunan Katong. Undergraduate (S1) thesis, UIN Walisongo Semarang.

[img] Text
133811022.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (11MB)

Abstract

Sumber belajar merupakan komponen yang penting dalam pembelajaran, karena dapat memberikan pengalaman belajar bagi para peserta didik. Kurangnya sumber belajar mengakibatkan proses belajar tidak dapat berjalan dengan lancar. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kelayakan buku identifikasi vertebrata koleksi kebun binatang Mangkang sebagai sumber belajar dalam pembelajaran biologi materi animalia kelas X SMA/MA. Penelitian ini menggunakan metode Research and Development (R&D) dari Sugiyono (2015) dengan 10 tahap. Tahapan tersebut adalah identifikasi potensi dan masalah, pengumpulan data, desain produk, validasi produk, revisi desain, uji coba produk, revisi produk, uji coba pemakaian, revisi produk, dan produk akhir. Hasil penilaian kelayakan dari para ahli menunjukkan kriteria sangat layak digunakan sebagai sumber belajar dengan presentase 89% dari ahli materi, 85% dari ahli media, 84% dari guru Biologi MA NU 03 Sunan Katong, 86% dari nilai rata-rata validator dan 84% dari tanggapan siswa menggunakan buku identifikasi vertebrata. Dan keberfungsian sumber belajar terhadap hasil belajar yang dinyatakan efektif berdasarkan uji-t (thitung > ttabel) / 3,734 > 2,007 dengan n-gain = 0,51.

[error in script]
Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Contributors:
ContributionContributors (e.g. Thesis Advisor)Email
Thesis advisorMukhlishoh, SitiUNSPECIFIED
Thesis advisorIsmail, IsmailUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Buku identifikasi; Vertebrata; Kebun Binatang; Sumber belajar; Pembelejaran biologi
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.3 Metode, kegiatan belajar mengajar; metode pembelajaran
500 Natural sciences and mathematics > 570 Life sciences > 574 Biology
500 Natural sciences and mathematics > 590 Zoological sciences > 596 Vertebrata (Craniata, Vertebrates)
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > Pendidikan Biologi
Depositing User: Muhammad Khozin
Date Deposited: 18 Apr 2019 09:52
Last Modified: 18 Apr 2019 09:52
URI: http://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/9318

Actions (login required)

View Item View Item