Efektivitas penggunaan model cooperative learning tipe Teams Games Tournament (TGT) berbantu game edukasi berbasis multimedia terhadap hasil belajar biologi materi animalia invertebrata kelas X di MA NU Nurul Huda Kota Semarang tahun 2018/2019

Faizah, Ama (2018) Efektivitas penggunaan model cooperative learning tipe Teams Games Tournament (TGT) berbantu game edukasi berbasis multimedia terhadap hasil belajar biologi materi animalia invertebrata kelas X di MA NU Nurul Huda Kota Semarang tahun 2018/2019. Undergraduate (S1) thesis, UIN Walisongo Semarang.

[img]
Preview
Text
1403086037.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (21MB) | Preview

Abstract

Materi animalia invertebrata merupakan materi yang masih dianggap sulit bagi peserta didik kelas X IPA MA NU Nurul Huda. Kesulitan tersebut dapat diatasi dengan kreativitas guru dalam memilih model dan memanfaatkan media pembelajaran. Model Teams Games Tournament (TGT) berbantu Game Edukasi Berbasis Multimedia yang dirancang untuk mempermudah peserta didik dalam memahami materi animalia invertebrata. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas model Teams Games Tournament (TGT) berbantu Game Edukasi Berbasis Multimedia terhadap hasil belajar materi sistem animalia invertebrata di MA NU Nurul Huda Kota Semarang. Penelitian ini termasuk penelitian kuantitatif eksperimen dengan desain pretest-posttest control group design. Teknik pengambilan sampel menggunakan sampling jenuh dengan sampel kelas X IPA 1 dan X IPA 2 yang berjumlah 70 peserta didik. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, tes, dokumentasi dan wawancara. Analisis data menggunakan uji t polled varians dua pihak dan uji hipotesis untuk satu pihak. Hasil penelitian menunjukkan rata-rata hasil belajar peserta didik kelas eksperimen dan kelas kontrol berturut-turut adalah 87,22 dan 72,82. Hasil uji perbedaan rata-rata hasil belajar dihitung dengan uji t diperoleh thitung = 7,552 dan ttabel = 1,671. Karena diperoleh thitung ≥ ttabel dengan α= 5% maka Ho ditolak dan Ha diterima.Hal tersebut menunjukkan bahwa model cooperative learning tipe Teams Games Tournament (TGT) berbantu game edukasi berbasis multimedia efektif terhadap terhadap hasil belajar peserta didik materi animalia invertebrata di MA NU Nurul Huda Kota Semarang. Uji efektivitas kelas eksperimen diperoleh hasil 100% dalam kategori sangat layak. Yang artinya seluruh siswa berhasil mencapai nilai diatas KKM yaitu 75.

[error in script]
Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Contributors:
ContributionContributors (e.g. Thesis Advisor)Email
Thesis advisorIsmail, IsmailUNSPECIFIED
Thesis advisorHidayat, SaifullahUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Model pembelajaran; Cooperative learning; Teams Games Tournament (TGT); Game edukasi; Animalia invertebrata; Pembelajaran biologi; Hasil belajar
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.3 Metode, kegiatan belajar mengajar; metode pembelajaran
500 Natural sciences and mathematics > 570 Life sciences > 574 Biology
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > Pendidikan Biologi
Depositing User: Muhammad Khozin
Date Deposited: 23 Apr 2019 09:25
Last Modified: 23 Apr 2019 09:25
URI: http://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/9327

Actions (login required)

View Item View Item