Pengembangan ensiklopedia peralatan laboratorium biologi SMA/MA sebagai sumber belajar biologi siswa kelas X di SMA Negeri 16 Semarang berdasarkan kurikulum 2013

Huda, Muhammad Miftahul (2018) Pengembangan ensiklopedia peralatan laboratorium biologi SMA/MA sebagai sumber belajar biologi siswa kelas X di SMA Negeri 16 Semarang berdasarkan kurikulum 2013. Undergraduate (S1) thesis, UIN Walisongo Semarang.

[img]
Preview
Text
1403086051.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (13MB) | Preview

Abstract

Implementasi kurikulum 2013 dapat didukung dengan pengembangan sumber belajar tentang laboratorium yang dalam kerjanya sangat diperlukan pengetahuan dan keterampilan peserta didik di dalamnya, seperti penggunaan peralatan laboratorium. Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan Ensiklopedia peralatan laboratorium Biologi serta mengetahui kelayakan Ensiklopedia peralatan laboratorium Biologi yang dikembangkan sebagai sumber belajar Biologi untuk siswa SMA/MA. Penelitian ini termasuk penelitian pengembangan atau Research and Development (R&D) dengan menggunakan model ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation, and Evaluation) yang dikembangkan oleh Reiser dan Mollenda pada tahun 1990-an. Penelitian ini dibatasi hanya sampai pada tahap Implementation (implementasi terbatas atau skala kecil), kemudian dilakukan uji terbatas kepada 1 ahli materi, 1 ahli media, 2 guru Biologi dan 4 peer reviewers serta respon 20 siswa terhadap produk yang dikembangkan untuk mengetahui kualitas/kelayakan produk. Instrumen penelitian berupa lembar angket check list dengan menggunakan skala likert. Desain penelitian ini menggunakan desain penelitian deskriptif kualitatif dengan jenis data berupa data kualitatif dan kuantitatif untuk mengetahui kualitas/kelayakan produk yang dikembangkan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: produk Ensiklopedia peralatan laboratorium Biologi dikembangkan dengan model ADDIE. Kualitas/kelayakan Ensiklopedia yang dikembangkan berdasarkan penilaian dari ahli materi dengan persentase sebesar 80% termasuk kategori baik (B); ahli media sebesar 85,6% termasuk kategori sangat baik (SB); guru Biologi sebesar 91% termasuk kategori sangat baik (SB); peer reviewers sebesar 86,8% termasuk kategori sangat baik (SB); dan respon siswa sebesar 87,6% termasuk kategori sangat layak. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa Ensiklopedia peralatan laboratorium Biologi yang dikembangkan memiliki kualitas sangat layak digunakan sebagai acuan guru dalam praktikum Biologi sekaligus dapat dipakai oleh siswa SMA/MA sebagai salah satu sumber belajar Biologi.

[error in script]
Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Contributors:
ContributionContributors (e.g. Thesis Advisor)Email
Thesis advisorRuswan, RuswanUNSPECIFIED
Thesis advisorHidayat, SaifullahUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Ensiklopedia peralatan; Sumber belajar; Peralatan laboratorium biologi; Pembelajaran biologi; Kurikulum 2013
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.3 Metode, kegiatan belajar mengajar; metode pembelajaran
500 Natural sciences and mathematics > 570 Life sciences > 574 Biology
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > Pendidikan Biologi
Depositing User: Muhammad Khozin
Date Deposited: 23 Apr 2019 09:27
Last Modified: 23 Apr 2019 09:27
URI: http://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/9328

Actions (login required)

View Item View Item