Pengembangan sumber belajar bio pocketbook berbasis unity of sciences pada materi reproduksi tumbuhan untuk siswa kelas X di SMA Pondok Modern Selamat Kendal

Fitriana, Ayum (2018) Pengembangan sumber belajar bio pocketbook berbasis unity of sciences pada materi reproduksi tumbuhan untuk siswa kelas X di SMA Pondok Modern Selamat Kendal. Undergraduate (S1) thesis, UIN Walisongo Semarang.

[img]
Preview
Text
1403086066.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (9MB) | Preview

Abstract

Sumber belajar adalah segala sesuatu yang ada di sekitar lingkungan kegiatan belajar yang secara fungsional dapat digunakan membantu optimalisasi hasil belajar. Kurangnya sumber belajar dapat mengakibatkan hasil belajar kurang maksimal. Penelitian ini digunakan untuk mengetahui kelayakan desain Bio Pocketbook berbasis Unity of Sciences pada materi reproduksi tumbuhan untuk siswa kelas X di SMA pondok modern selamat Kendal. Penelitian ini menggunakan metode Research and Development (R&D) dengan model pengembanggan ADDIE. Model pengembangan tersebut adalah analyze (analisis) tahap ini digunakan untuk mengidentifikasi kebutuhan peserta didik, design (desain) merupakan langkah untuk mendesain kebutuhan sumber belajar peserta didik, develop (pengembangan) merupakan proses untuk membuat atau memproduksi sumber belajar yang sudah di desain menjadi kenyataan, implement (implementasi atau uji lapangan) merupakan langkah nyata untuk menerapkan sumber belajar yang dibuat. Pada penelitian ini implementasi yang dilakukan hanya pada uji kelayakan tidak sampai pada uji eksperimen sumber belajar yang dikembangkan, dan evaluate (evaluasi) pada tahap ini meliputi internal dan eksternal. Tahap internal dilakukan pada setiap langkah tahapan ADDIE sedangkan eksternal dilakukan pada bagian sumber belajar yang dikembangkan yaitu latihan soal. Hasil penilaian atau validasi oleh para ahli menunjukkan kriteria sangat layak digunakan sebagai sumber belajar dengan persentase 90% dari ahli materi Biologi, 85% dari ahli materi Unity of Sciences, 84% dari ahli media, dan 83% dari guru Biologi. Selain itu, diperkuat dengan persentase 88% dari tanggapan peserta didik yang menggunakan Bio Pocketbook sebagai sumber belajar.

[error in script]
Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Contributors:
ContributionContributors (e.g. Thesis Advisor)Email
Thesis advisorLianah, LianahUNSPECIFIED
Thesis advisorRusmadi, RusmadiUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Sumber belajar; Media pembelajaran; Bio pocketbook; Buku saku; Unity of Sciences; Integrasi sains dan Islam; Reproduksi tumbuhan; Pembelajaran biologi
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.3 Metode, kegiatan belajar mengajar; metode pembelajaran
500 Natural sciences and mathematics > 570 Life sciences > 574 Biology
500 Natural sciences and mathematics > 580 Botanical sciences > 581 Botany
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > Pendidikan Biologi
Depositing User: Muhammad Khozin
Date Deposited: 23 Apr 2019 09:29
Last Modified: 23 Apr 2019 09:29
URI: http://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/9329

Actions (login required)

View Item View Item