Efektivitas model pembelajaran think pair share berbasis kearifan lokal dengan teknik Kotak Kartu Misteri (KOKAMI) terhadap hasil belajar siswa kelas VIII MTS pada materi cahaya

Nufus, Zilda Chustiana (2018) Efektivitas model pembelajaran think pair share berbasis kearifan lokal dengan teknik Kotak Kartu Misteri (KOKAMI) terhadap hasil belajar siswa kelas VIII MTS pada materi cahaya. Undergraduate (S1) thesis, UIN Walisongo Semarang.

[img]
Preview
Text
133611007.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (14MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini menguji efektivitas model pembelajaran Think Pair Share berbasis kearifan lokal dengan teknik kokami. Kajiannya dilatarbelakangi oleh materi fisika yang masih sulit untuk dipahami siswa sehingga siswa kesulitan mengaplikasikan dalam kehidupan sehari-hari. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode eksperimen. Desain penelitian yang digunakan adalah quasi experimental design. Populasi dalam penelitian ini adalah 86 siswa kelas VIII MTs An-Nur Walangsanga dan teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah sampling jenuh. Teknik pengumpulan data dengan metode tes, angket, dokumentasi dan wawancara. Pengujian hipotesis menggunakan uji pihak kanan dengan rumus t-test. Hasil analisis data diperoleh thitung = 8,752 ttabel = 1,633 sehingga Ho ditolak dan Ha diterima. Artinya, penerapan model pembelajaran Think Pair Share berbasis kearifan lokal dengan teknik kokami lebih baik dibanding pembelajaran menggunakan model pembelajaran Think Pair Share.

[error in script]
Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Contributors:
ContributionContributors (e.g. Thesis Advisor)Email
Thesis advisorArsini, ArsiniUNSPECIFIED
Thesis advisorFariyani, QisthiUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Model pembelajaran; Think Pair Share; Kearifan lokal; Pembelajaran fisika; Cahaya
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.3 Metode, kegiatan belajar mengajar; metode pembelajaran
500 Natural sciences and mathematics > 530 Physics > 535 Light and paraphotic phenomena
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > Pendidikan Fisika
Depositing User: Muhammad Khozin
Date Deposited: 26 Apr 2019 12:48
Last Modified: 26 Apr 2019 12:48
URI: http://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/9335

Actions (login required)

View Item View Item