Efektivitas penggunaan modul pembelajaran fisika berbasis unity of sciences kelas VIII pada materi getaran dan gelombang terhadap hasil belajar peserta didik di MTS NU Banat Kudus

Tiara, Visa Mei (2018) Efektivitas penggunaan modul pembelajaran fisika berbasis unity of sciences kelas VIII pada materi getaran dan gelombang terhadap hasil belajar peserta didik di MTS NU Banat Kudus. Undergraduate (S1) thesis, UIN Walisongo Semarang.

[img]
Preview
Text
14030166018.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (27MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh penggunaan modul pembelajaran fisika yang digunakan di MTs NU Banat Kudus belum diintegrasikan dengan nilai-nilai keislaman. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui ada tidaknya perbedaan hasil belajar di MTs NU Banat Kudus pada penggunaan modul pembelajaran fisika berbasis unity of sciences kelas VIII materi getaran dan gelombang, seberapa besar efektivitas penggunaan modul unity of science serta respon peserta didik terhadap modul pembelajaran berbasis unity of sciences kelas VIII pada materi getaran dan gelombang di MTs NU Banat Kudus. Penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan metode Quasi Eksperimen. Teknik pengambilan sampel pada penelitian ini adalah teknik purposive sampling. Berdasarkan penelitian yang dilakukan, didapatkan hasil dengan t_(hitung )=3,90 >〖 t〗_(tabel )= 1,988 dan taraf signifikan 5% yang membuktikan bahwa H_aditerima dan H_0 ditolak yang menunjukkan terdapat perbedaan hasil belajar di MTs NU Banat Kudus pada penggunaan modul pembelajaran fisika berbasis unity of sciences kelas VIII materi getaran dan gelombang. Tingkat efektivitas kelas eksperimen lebih tinggi daripada kelas kontrol yaitu kelas eksperimen sebesar 0,56 sedangkan kelas kontrol sebesar 0,34 dengan kategori sedang. Respon peserta didik terhadap modul pembelajaran fisika berbasis unity of sciences di MTs NU Banat Kudus sebesar 84,04 % dengan kategori sangat baik.

[error in script]
Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Contributors:
ContributionContributors (e.g. Thesis Advisor)Email
Thesis advisorAnwar, Edi DaenuriUNSPECIFIED
Thesis advisorAnggita, Sheilla RullyUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Modul pembelajaran; Pembelajaran fisika; Hasil belajar; Unity of sciences; Integrasi sains dan Islam; Getaran dan gelombang
Subjects: 200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.2 Islam Doctrinal Theology, Aqaid and Kalam > 297.26 Islam and secular disciplines > 297.265 Islam and natural science (Incl. Islamic Astronomy/Ilmu Falak)
300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.3 Metode, kegiatan belajar mengajar; metode pembelajaran
500 Natural sciences and mathematics > 530 Physics > 534 Sound and related vibrations
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > Pendidikan Fisika
Depositing User: Muhammad Khozin
Date Deposited: 26 Apr 2019 13:11
Last Modified: 26 Apr 2019 13:11
URI: http://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/9342

Actions (login required)

View Item View Item