Efektivitas Model Pembelajaran Kontekstual (Contextual Teaching and Learning) dalam PAI yang Berorientasi pada Pendidikan Nilai Materi Zakat pada Peserta Didik Kelas X Semester II di SMK Negeri 1 Kendal Tahun Ajaran 2012-2013

Wijayanti, Dwi (2013) Efektivitas Model Pembelajaran Kontekstual (Contextual Teaching and Learning) dalam PAI yang Berorientasi pada Pendidikan Nilai Materi Zakat pada Peserta Didik Kelas X Semester II di SMK Negeri 1 Kendal Tahun Ajaran 2012-2013. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Walisongo.

[thumbnail of 093111031_Coverdll.pdf]
Preview
Text
093111031_Coverdll.pdf - Cover Image

Download (591kB) | Preview
[thumbnail of 093111031_Bab1.pdf]
Preview
Text
093111031_Bab1.pdf - Accepted Version

Download (46kB) | Preview
[thumbnail of 093111031_Bab2.pdf]
Preview
Text
093111031_Bab2.pdf - Accepted Version

Download (235kB) | Preview
[thumbnail of 093111031_Bab3.pdf]
Preview
Text
093111031_Bab3.pdf - Accepted Version

Download (97kB) | Preview
[thumbnail of 093111031_Bab4.pdf]
Preview
Text
093111031_Bab4.pdf - Accepted Version

Download (108kB) | Preview
[thumbnail of 093111031_Bab5.pdf]
Preview
Text
093111031_Bab5.pdf - Accepted Version

Download (26kB) | Preview
[thumbnail of 093111031_Bibliografi.pdf]
Preview
Text
093111031_Bibliografi.pdf - Bibliography

Download (27kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah model pembelajaran kontekstual (CTL) efektif dalam PAI yang berorientasi pada pendidikan nilai materi zakat kelas X semester II. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen, yang dilaksanakan di SMK Negeri 1 Kendal. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas X yang terbagi menjadi 11 kelas dengan jumlah peserta didik 391, karena populasi lebih dari seratus, maka sampel dalam penelitian ini ditentukan dengan cara diacak. Dan sampel yang diperoleh yaitu peserta didik kelas X Akuntansi 2 sebagai kelas eksperimen dan peserta didik kelas X Akuntansi 3 sebagai kelas kontrol, yang masing-masing kelas mempunyai jumlah siswa 36 peserta didik. Adapun teknik pengambilan sampel ini dilakukan dengan teknik cluster random sampling.
Teknik pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan metode tes, metode observasi, metode angket, dan metode dokumentasi. Dari metode tes (multiple choice test) untuk memperoleh data tentang hasil belajar. Metode observasi digunakan untuk mengetahui aktifitas peserta didik selama proses pembelajaran berlangsung. Metode angket (skala linkert) digunakan untuk mengetahui sejauhmana sikap peserta didik terhadap mata pelajaran Pendidikan Agama Islam. Sedangkan, metode dokumentasi diperoleh data nama dan nilai semester gasal peserta didik yang termasuk dalam sampel penelitian. Sebelum diberi perlakuan kedua kelas diuji keseimbangannya dengan uji normalitas dan uji homoginitas. Kemudian kedua kelas diberi perlakuan yang berbeda, kelas eksperimen diberi pembelajaran dengan model pembelajaran kontekstual (CTL) sedangkan kelas kontrol menggunakan pembelajaran konvensional.
Dalam uji hipotesis penelitian menggunakan Uji t-tes. Berdasarkan perhitungan Uji t-tes dengan taraf signifikasi 5% diperoleh thitung = 3,178 sedangkan ttabel = 2,00. Karena thitung > ttabel berarti rata-rata hasil belajar PAI peserta didik yang diajar dengan menggunakan model pembelajaran kontekstual (CTL) efektif terhadap hasil belajar kognitif peserta didik, hal ini dapat dilihat dari hasil tes yang menunjukkan bahwa kelas eksperimen mendapat nilai rata-rata lebih tinggi yaitu 74,36. Sedangkan kelas kontrol mendapat nilai rata-rata yang lebih kecil sebesar 68,08. Jadi, dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran kontekstual (CTL) efektif dalam pembelajaran PAI yang berorientasi pada pendidikan nilai materi zakat peserta didik kelas X semester II di SMK Negeri 1 Kendal tahun ajaran 2012-2013.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Model Pembelajaran; Pembelajaran Kontekstual; Contextual Teaching and Learning (CTL); Pendidikan Agama Islam; Zakat
Subjects: 200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.5 Islamic ethics, practice > 297.54 Zakat (Wakaf, Hibah, Infak, Sedekah, dll.)
300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education
Depositing User: Farid Ma'ruf
Date Deposited: 16 Dec 2013 05:17
Last Modified: 16 Dec 2013 05:17
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/936

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics