Korelasi antara hasil belajar ektrakurikuler baca tulis Al-Qur’an dengan hasil belajar Al-Qur’an hadis siswa kelas VII di MTs Uswatun Hasanah Mangkang Semarang tahun ajaran 2017/2018

Farih, Nailul (2018) Korelasi antara hasil belajar ektrakurikuler baca tulis Al-Qur’an dengan hasil belajar Al-Qur’an hadis siswa kelas VII di MTs Uswatun Hasanah Mangkang Semarang tahun ajaran 2017/2018. Undergraduate (S1) thesis, UIN Walisongo Semarang.

[thumbnail of skripsi.pdf]
Preview
Text
skripsi.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (7MB) | Preview

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah menjawab permasalahan: 1) bagaimana hasil belajar ekstrakurikuler baca tulis Al-Qur’an siswa kelas VII (X); 2) bagaimana hasil belajar Al-Qur’an hadis siswa kelas VII (Y); 3) bagaimana hubungan antara hasil belajar ekstrakurikuler baca tulis Al-Qur’an dengan hasil belajar Al-Qur’an hadis siswa kelas VII di MTs Uswatun Hasanah Mangkang Semarang Tahun Ajaran 2017/2018. Metode penelitian data yang digunakan adalah tes, wawancara dan dokumentasi. Populasi dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas VII di Mts Uswatun Hasanah Mangkang Semarang Tahun ajaran 2017/2018 yang berjumlah 45 siswa. Data penelitian yang terkumpul dianalisis dengan teknik analisa korelasional. Pengujian hipotesis dilakukan dengan menggunakan rumus korelasi product moment. Pengujian hipotesis penelitian menunjukkan bahwa: 1) hasil belajar ekstrakurikuler baca tulis Al-Qur’an dengan hasil belajar mata pelajaran Al-Qur’an hadis termasuk dalam kategori baik. Hal ini ditunjukkan oleh rata-rata yang berada pada interval 72 - 77 dengan nilai 72,089; 2) hasil belajar Al-Qur’an hadis juga termasuk dalam kategori baik. Hal ini ditunjukkan oleh rata- rata yang berada pada interval 75 – 79 dengan nilai 75,556; 3) Dari perhitungan rxy diperoleh hasil sebesar 0,908. Hasil tersebut kemudian dikonsultasikan dengan rtabel dengan N = 45 pada taraf signifikansi 5% = 0,297. Karena rxy (0,908) > rtabel (0,297) berati signifikan dan hipotesis yang menyatakan ada hubungan antara hasil belajar ekstrakurikuler baca tulis Al-Qur’an dengan hasil belajar Al-Qur’an hadis ssiwa kelas VII di MTs Uswatun Hasanah Mangkang Semarang tahun ajaran 2017/2018 diterima. Berdasarkan hasil penelitian ini diharapkan akan menjadi bahan informasi dan masukan bagi para civitas akademika, para mahasiswa, para guru, dan kepala Madrasah khususnya dalam emningkatkan hasil belajar pada mata pelajaran Al-Qur’an hadis di Mts Uswatun Hasanah Mangkang Semarang.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Ekstrakurikuler; Baca tulis Alquran; Hasil belajar; Pendidikan agama Islam
Subjects: 200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.1 Sources of Islam > 297.12 Al-Quran and Hadith > 297.122 Al-Quran > 297.1224 Recitation and Reading
200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.7 Propagation of Islam > 297.77 Islamic religious education
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 86208 - Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Fuad Hasyim
Date Deposited: 30 Apr 2019 04:08
Last Modified: 30 Apr 2019 04:08
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/9360

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics