Pengembangan modul kimia berbasis inkuiri terbimbing terintegrasi pendidikan karakter berbantu media multiple level representation (MLR) pada materi hidrolisis garam kelas XI SMA Negeri 1 Kepohbaru Bojonegoro

Sholichah, Miftachus (2018) Pengembangan modul kimia berbasis inkuiri terbimbing terintegrasi pendidikan karakter berbantu media multiple level representation (MLR) pada materi hidrolisis garam kelas XI SMA Negeri 1 Kepohbaru Bojonegoro. Undergraduate (S1) thesis, UIN Walisongo Semarang.

[img]
Preview
Text
skripsi full.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (11MB) | Preview

Abstract

Teknik penyajian materi pada bahan ajar yang digunakan peserta didik di SMA Negeri 1 Kepohbaru tidak melatih untuk menemukan konsep sehingga hasil belajar peserta didik rendah. Disamping itu, sumber belajar belum memuat pendidikan karakter. Oleh karena itu diperlukan adanya inovasi lain dari bahan ajar yang ada, dengan mengembangkan modul kimia berbasis inkuiri terbimbing terintegrasi pendidikan karakter berbantu media Multiple Level Representation (MLR). Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan (R&D) yang bertujuan untuk mengetahui karakteristik dan kualitas modul kimia berbasis inkuiri terbimbing terintegrasi pendidikan karakter berbantu media MLR pada materi hidrolisis garam kelas XI SMA Negeri 1 Kepohbaru. Model pengembangan yang digunakan dalam penelitian ini adalah model 4-D dari Thiagarajan dkk yang dibatasi hanya sampai 3D. Karakteristik modul kimia berbasis inkuiri terbimbing terintegrasi pendidikan karakter berbantu media MLR sebagai sumber belajar mandiri memuat materi hidrolisis garam yang disajikan sesuai sintak inkuiri terbimbing dan diintegrasikan dengan nilai karakter rasa ingin tahu, peduli lingkungan, dan kreatif serta dilengkapi dengan media MLR. Hasil uji kualitas modul berbantu media berdasarkan penilaian ahli materi memperoleh persentase keidealan 91,67% (Sangat Baik), ahli media meliputi modul sebagai media serta media sebagai alat bantu modul memperoleh persentase keidealan 91,43% (Sangat Baik) dan 88,40% (Sangat Baik). Tanggapan peserta didik sebagai pengguna modul berbantu media memperoleh persentase keidealan 90,66% (Sangat Baik) terhadap modul dan 93,62% (Sangat Baik) terhadap animasi. Dengan demikian modul kimia berbasis inkuiri terbimbing terintegrasi pendidikan karakter berbantu media MLR pada materi hidrolisis garam, berkualitas Sangat Baik dan layak digunakan sebagai sumber belajar mandiri.

[error in script]
Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Contributors:
ContributionContributors (e.g. Thesis Advisor)Email
Thesis advisorUdaibah, WirdaUNSPECIFIED
Thesis advisorHakim, FachriUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Metode pembelajaran; Media pembelajaran; Inkuiri terbimbing; Multiple Level Representation (MLR); Pembelajaran kimia
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.3 Metode, kegiatan belajar mengajar; metode pembelajaran
500 Natural sciences and mathematics > 540 Chemistry and allied sciences
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > Pendidikan Kimia
Depositing User: Fuad Hasyim
Date Deposited: 30 Apr 2019 10:13
Last Modified: 30 Apr 2019 10:13
URI: http://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/9364

Actions (login required)

View Item View Item