Mawadah, Nuri Fina (2018) Efektifitas penggunaan lembar kegiatan siswa (LKS) bermuatan multi level representasi materi kelarutan dan hasil kali kelarutan terhadap hasil belajar peserta didik kelas XI IPA MA Al-Ma’ruf Mranggen. Undergraduate (S1) thesis, UIN Walisongo Semarang.
|
Text
Nuri Fina Mawadah___133711024.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (5MB) | Preview |
Abstract
Hasil belajar mata pelajaran Kimia di MA Al-Ma’ruf yang rendah disebabkan karena sumber belajar yang masih menggunakan LKS dengan 2 level representasi, yakni level simbolik dan makroskopik. Konsep-konsep dalam Kimia banyak yang bersifat abstrak, terutama pada materi kelarutan dan hasil kali kelarutan, sehingga dibutuhkan sumber belajar yang bermuatan level sub-mikroskopik dengan menampilkan mengenai struktur dan proses pada level partikel (atom/molekul), sehingga peserta didik mengetahui bagaimana proses dan struktur dari suatu zat yang mengalami reaksi. Penelitian ini termasuk penelitian eksperimen dengan desain pretest-posttest control design. Populasi dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas XI IPA MA Al-Ma’ruf sekaligus menjadi sampel penelitian. Analisis data dilakukan dengan menggunakan analisis uji t-test dengan uji hipotesis satu pihak. Hasil pretest penelitian ini menunjukkan rata-rata hasil belajar peserta didik kelas eksperimen adalah 45,41 sedangkan rata-rata kelas kontrol adalah 46,00. Hasil posttest penelitian ini menunjukkan rata-rata hasil belajar peserta didik kelas eksperimen adalah 74,58 sedangkan rata-rata kelas kontrol adalah 53,20. Berdasarkan analisis data akhir menunjukkan bahwa t = 8,28 dan ttabel = 1,678 ,t > ttabel maka signifikan. Hipotesis yang diajukan peneliti bahwa LKS bermuatan multi level representasi efektif terhadap hasil belajar materi kelarutan dan hasil kali kelarutan peserta didik dapat diterima.
Item Type: | Thesis (Undergraduate (S1)) | |||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Contributors: |
|
|||||||||
Uncontrolled Keywords: | Media pembelajaran; Lembar Kerja Siswa (LKS); Hasil belajar; Pembeajaran kimia | |||||||||
Subjects: | 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.3 Metode, kegiatan belajar mengajar; metode pembelajaran 500 Natural sciences and mathematics > 540 Chemistry and allied sciences > 542 Techniques, equipment, materials |
|||||||||
Divisions: | Fakultas Sains dan Teknologi > Pendidikan Kimia | |||||||||
Depositing User: | Fuad Hasyim | |||||||||
Date Deposited: | 30 Apr 2019 10:15 | |||||||||
Last Modified: | 30 Apr 2019 10:15 | |||||||||
URI: | http://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/9365 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |