Efektifitas penggunaan lembar kegiatan siswa (LKS) bermuatan multi level representasi materi kelarutan dan hasil kali kelarutan terhadap hasil belajar peserta didik kelas XI IPA MA Al-Ma’ruf Mranggen

Mawadah, Nuri Fina (2018) Efektifitas penggunaan lembar kegiatan siswa (LKS) bermuatan multi level representasi materi kelarutan dan hasil kali kelarutan terhadap hasil belajar peserta didik kelas XI IPA MA Al-Ma’ruf Mranggen. Undergraduate (S1) thesis, UIN Walisongo Semarang.

[img]
Preview
Text
Nuri Fina Mawadah___133711024.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (5MB) | Preview

Abstract

Hasil belajar mata pelajaran Kimia di MA Al-Ma’ruf yang rendah disebabkan karena sumber belajar yang masih menggunakan LKS dengan 2 level representasi, yakni level simbolik dan makroskopik. Konsep-konsep dalam Kimia banyak yang bersifat abstrak, terutama pada materi kelarutan dan hasil kali kelarutan, sehingga dibutuhkan sumber belajar yang bermuatan level sub-mikroskopik dengan menampilkan mengenai struktur dan proses pada level partikel (atom/molekul), sehingga peserta didik mengetahui bagaimana proses dan struktur dari suatu zat yang mengalami reaksi. Penelitian ini termasuk penelitian eksperimen dengan desain pretest-posttest control design. Populasi dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas XI IPA MA Al-Ma’ruf sekaligus menjadi sampel penelitian. Analisis data dilakukan dengan menggunakan analisis uji t-test dengan uji hipotesis satu pihak. Hasil pretest penelitian ini menunjukkan rata-rata hasil belajar peserta didik kelas eksperimen adalah 45,41 sedangkan rata-rata kelas kontrol adalah 46,00. Hasil posttest penelitian ini menunjukkan rata-rata hasil belajar peserta didik kelas eksperimen adalah 74,58 sedangkan rata-rata kelas kontrol adalah 53,20. Berdasarkan analisis data akhir menunjukkan bahwa t = 8,28 dan ttabel = 1,678 ,t > ttabel maka signifikan. Hipotesis yang diajukan peneliti bahwa LKS bermuatan multi level representasi efektif terhadap hasil belajar materi kelarutan dan hasil kali kelarutan peserta didik dapat diterima.

[error in script]
Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Contributors:
ContributionContributors (e.g. Thesis Advisor)Email
Thesis advisorMulyatun, MulyatunUNSPECIFIED
Thesis advisorZammi, MuhammadUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Media pembelajaran; Lembar Kerja Siswa (LKS); Hasil belajar; Pembeajaran kimia
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.3 Metode, kegiatan belajar mengajar; metode pembelajaran
500 Natural sciences and mathematics > 540 Chemistry and allied sciences > 542 Techniques, equipment, materials
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > Pendidikan Kimia
Depositing User: Fuad Hasyim
Date Deposited: 30 Apr 2019 10:15
Last Modified: 30 Apr 2019 10:15
URI: http://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/9365

Actions (login required)

View Item View Item