Efektivitas Penggunaan Model Reciprocal Teaching dengan Melakukan Fieldtrip terhadap Hasil Belajar Matematika Peserta Didik Kelas VII Semester 1 Materi Pokok Perbandingan pada Peta (Skala) di MTs Manbaul Islam Losari Soko Tuban

Afifah, Luluk (2012) Efektivitas Penggunaan Model Reciprocal Teaching dengan Melakukan Fieldtrip terhadap Hasil Belajar Matematika Peserta Didik Kelas VII Semester 1 Materi Pokok Perbandingan pada Peta (Skala) di MTs Manbaul Islam Losari Soko Tuban. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Walisongo.

[img]
Preview
Text
083511010_Coverdll.pdf - Accepted Version

Download (2MB) | Preview
[img]
Preview
Text
083511010_Bab1.pdf - Accepted Version

Download (22kB) | Preview
[img]
Preview
Text
083511010_Bab2.pdf - Accepted Version

Download (139kB) | Preview
[img]
Preview
Text
083511010_Bab3.pdf - Accepted Version

Download (115kB) | Preview
[img]
Preview
Text
083511010_Bab4.pdf - Accepted Version

Download (203kB) | Preview
[img]
Preview
Text
083511010_Bab5.pdf - Accepted Version

Download (8kB) | Preview
[img]
Preview
Text
083511010_Bibliografi.pdf - Bibliography

Download (12kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada tidaknya perbedaan hasil belajar model reciprocal teaching dengan melakukan fieldtrip dengan hasil belajar peserta didik yang memperoleh pembelajaran secara konvensional dalam pembelajaran matematika materi pokok perbandingan pada peta (skala) kelas VII semester 1 di MTs. Manbaul Islam Losari Soko Tuban. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif yang berdesain eksperimen, yakni penelitian lapangan (field research) yang dilaksanakan dengan membandingkan kelompok subjek yang mendapat perlakuan (kelas eksperimen) dan kelompok yang tidak mendapat perlakuan (kelas kontrol). Dalam menentukan kelompok tersebut digunakan metode cluster random sampling yaitu dengan membuat undian. Undian yang pertama keluar dijadikan kelas eksperimen dan yang lain sebagai kelas kontrol. Metode yang digunakan dalam memperoleh data antara lain dengan dokumentasi dan tes. Dari metode dokumentasi diperoleh data-data tentang peserta didik kelas VII di MTs. Manbaul Islam Losari, beserta hasil belajar dari materi sebelum skala. Sedangkan tes diberikan setelah kelas ekperimen diberi perlakuan, tes tersebut juga diberikan pada kelas kontrol. Sebelum tes tersebut diberikan, terlebih dahulu dilakukan uji normalitas, reliabilitas, tingkat kesukaran, dan daya beda butir soal tes. Dalam menganalisis data digunakan uji t pada data nilai posttest (nilai akhir). Namun sebelumnya terlebih dahulu dilakukan pengujian sampel, yaitu dengan melakukan uji normalitas dan homogenitas. Pada pengujian hipotesis dengan menggunakan uji t tersebut diperoleh dan dari tabel distribusi t diperoleh dengan 0.05 dan dk = 34 + 34 – 2 = 66. Hal ini menunjukkan bahwa . Jadi H diterima. Sedangkan rata-rata hasil belajar kelompok eksperimen dan hasil belajar kelompok kontrol . Dari sini terlihat bahwa rata-rata hasil belajar pada kelas eksperimen yang diajar dengan model reciprocal teaching dengan melakukan fieldtrip pada materi pokok perbandingan pada peta (skala) berbeda secara nyata dari rata-rata hasil belajar pada kelas kotrol dan terlihat pula bahwa rata-rata hasil belajar kelas eksperimen lebih baik dari pada kelas kontrol. Artinya model reciprocal teaching dengan melakukan fieldtrip lebih efektif untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik kelas VII semester 1 materi pokok perbandingan pada peta (skala) di MTs. Manbaul Islam Losari Soko Tuban

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Reciprocal Teaching; Matematika; Strategi Pembelajaran
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education
500 Natural sciences and mathematics > 510 Mathematics > 519 Probabilities and applied mathematics
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Tadris > Tadris Matematika
Depositing User: Nur yadi
Date Deposited: 16 Dec 2013 05:18
Last Modified: 16 Dec 2013 05:18
URI: http://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/937

Actions (login required)

View Item View Item