Efektivitas model pembelajaran realistic mathematics education (RME) terhadap kemampuan pemecahan masalah peserta didik kelas VII pada materi aritmetika sosial di MTs Darul Ulum Semarang tahun pelajaran 2017/2018

Zuliyana, Zuliyana (2018) Efektivitas model pembelajaran realistic mathematics education (RME) terhadap kemampuan pemecahan masalah peserta didik kelas VII pada materi aritmetika sosial di MTs Darul Ulum Semarang tahun pelajaran 2017/2018. Undergraduate (S1) thesis, UIN Walisongo Semarang.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI LENGKAP.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (14MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya kemampuan pemecahan masalah peserta didik MTs Darul Ulum Semarang. Adapun solusi yang ditawarkan untuk menangani masalah tersebut dengan menggunakan model pembelajaran Realistic Mathematics Education (RME). RME memiliki kelebihan diantaranya, 1) Memberikan pengertian yang jelas kepada peserta didik tentang kehidupan sehari-hari dan kegunaan pada umumnya bagi manusia, 2) Memberikan pengertian yang jelas kepada peserta didik bahwa matematika adalah suatu bidang kajian yang dikonstruksi dan dikembangkan sendiri oleh peserta didik, tidak hanya oleh mereka yang disebut pakar dalam bidang tersebut, 3) Memberikan pengertian yang jelas kepada peserta didik cara penyelesaian suatu soal atau masalah tidak harus tunggal dan tidak harus sama antara yang satu dengan yang lain, 4) Memberikan pengertian yang jelas kepada peserta didik bahwa dalam mempelajari matematika, proses pembelajaran merupakan suatu yang utama dan harus menjalani proses itu dan berusaha untuk menemukan sendiri konsep-konsep matematika dengan bantuan yang lebih mengetahui (misalnya guru). Kelebihan-kelebihan tersebut dapat mengatasi kemampuan pemecahan masalah peserta didik yang masih rendah sesuai dengan indikator pemecahan masalah yaitu , 1) pemahaman masalah, 2) Perencanaan penyelesaian, 3) Melaksanakan perencanaan, 4) Pemeriksaan kembali dan proses. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas model pembelajaran Realistic Mathematics Education (RME) terhadap kemampuan pemecahan masalah peserta didik kelas VII pada materi aritmetika sosial di MTs Darul Ulum Semarang tahun pelajaran 2017/2018. Jumlah sampel 48 responden dengan teknik cluster random sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan metode observasi, wawancara, dokumentasi, dan tes. Analisis data menggunakan independent sample t-test (Uji pihak kanan). Hasil penelitian ini adalah: 1) Nilai rata-rata posttest kelas eksperimen sebesar 34.227 dan rata-rata nilai posstest kelas kontrol sebesar 22.455. 2) Hasil uji t-test menunjukkan nilai thitung =3.795, untuk taraf α=5% dan dk = 22+22-2=42 diperoleh nilai ttabel = t(0.95)(42) = 1.67. Hasil penelitian ini menyatakan bahwa RME efektif terhadap kemampuan pemecahan masalah peserta didik.

[error in script]
Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Contributors:
ContributionContributors (e.g. Thesis Advisor)Email
Thesis advisorRomadiastri, YuliaUNSPECIFIED
Thesis advisorNisa, Eva KhoirunUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Model pembelajaran; Pembelajaran matematika; Realistic Mathematics Education (RME); Kemampuan pemecahan masalah; Aritmetika sosial
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.3 Metode, kegiatan belajar mengajar; metode pembelajaran
500 Natural sciences and mathematics > 510 Mathematics > 513 Arithmetic
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > Pendidikan Matematika
Depositing User: Fuad Hasyim
Date Deposited: 02 May 2019 07:57
Last Modified: 02 May 2019 07:57
URI: http://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/9379

Actions (login required)

View Item View Item