Efektivitas pembelajaran berbasis teori kecerdasan majemuk terhadap motivasi dan kemampuan kognitif siswa MTS Nurul Muslim Mindahan Jepara materi lingkaran kelas VIII tahun ajaran 2017/2018

Risnawati, Ayu Andira (2018) Efektivitas pembelajaran berbasis teori kecerdasan majemuk terhadap motivasi dan kemampuan kognitif siswa MTS Nurul Muslim Mindahan Jepara materi lingkaran kelas VIII tahun ajaran 2017/2018. Undergraduate (S1) thesis, UIN Walisongo Semarang.

[img]
Preview
Text
lengkap.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (15MB) | Preview

Abstract

Skripsi ini dilatarbelakangi oleh adanya permasalahan di kelas VIII MTs Nurul Muslim Mindahan Jepara yaitu pembelajaran yang dilakukan guru belum memunculkan delapan kecerdasan majemuk menurut Gardner yaitu kecerdasan verbal linguistic, logis matematis, visual spasial, kinestetik, musical, interpersonal, intrapersonal dan naturalistic. Studi ini dimaksudkan untuk menjawab permasalahan tersebut, dengan tujuan untuk mengetahui keefektivan pembelajaran berbasis kecerdasan majemuk terhadap motivasi dan kemampuan kognitif siswa MTs Nurul Muslim siswa kelas VIII tahun ajaran 2017/2018. Penelitian ini merupakan jenis penelitian kuantitatif dengan metode eksperimen dan teknik analisis uji-t. Variabel bebas dalam penelitian ini adalah model pembelajaran berbasis kecerdasan majemuk, sedangkan variabel terikat penelitian adalah motivasi dan kemampuan kognitif siswa MTs Nurul Muslim Mindahan Jepara. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini dilakukan dengan metode dokumentasi, angket kecerdasan majemuk, angket motiovasi dan metode tes. Data hasil penelitian yang telah terkumpul, dianalisis menggunakan teknik analisis statistik parametris. Karena didapatkan dari analisis bahwa data hasil penelitian berdistribusi normal dan homogen. Uji hipotesis penelitian menggunakan uji t. berdasarkan perhitungan uji t dengan taraf signifikansi 5% adanya perbedaan yang signifikan rata-rata hasil motivasi belajar matematika pada materi pokok lingkaran antara siswa yang pembelajarannya menggunakan pembelajaran berbasis teori kecerdasan majemuk, ditunjukan dengan uji perbedaan rata-rata dengan menggunakan uji t-test dihasilkan sebesar 2,539. Setelah dikonsultasikan dengan dengan = 68 dan taraf signifikan ( ) 5% = 1,67, diketahui bahwa lebih besar dari , maka dapat disimpulkan rata-rata hasil motivasi antara kelas eksperimen dan kelas kontrol berbeda secara nyata. Pembelajaran berbasis kecerdasan majemuk efektif terhadap kemampuan kognitif siswa, hal ini ditunjukan dengan uji perbedaan rata-rata dengan menggunakan uji t-test dihasilkan sebesar 2,899. Setelah dikonsultasikan dengan dengan = 68 dan taraf signifikan ( ) 5% = 1,67, diketahui bahwa lebih besar dari , maka dapat disimpulkan rata-rata hasil kemampuan kognitif antara kelas eksperimen dan kelas kontrol berbeda secara nyata. Dari simpulan di atas diperoleh bahwa pembelajaran berbasis teori kecerdasan majemuk efektif terhadap motivasi dan kemampuan kognitif siswa MTs Nurul Muslim Mindahan Jepara materi lingkaran kelas VII tahun ajaran 2017/2018.

[error in script]
Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Contributors:
ContributionContributors (e.g. Thesis Advisor)Email
Thesis advisorMaslihah, SitiUNSPECIFIED
Thesis advisorRohman, Ahmad AunurUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Kecerdasan majemuk; Motivasi belajar; Kemampuan kognitif; Pembelajaran matematika
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.3 Metode, kegiatan belajar mengajar; metode pembelajaran
500 Natural sciences and mathematics > 510 Mathematics
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > Pendidikan Matematika
Depositing User: Fuad Hasyim
Date Deposited: 02 May 2019 08:02
Last Modified: 02 May 2019 08:02
URI: http://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/9383

Actions (login required)

View Item View Item