Manajemen pembelajaran dengan pendekatan Beyond Centers and Circle Time (BCCT) dalam mengembangkan multiple intelligences anak (studi kasus di TK IT Al Hikmah Semarang)

Nadhiroh, Khomsatin (2018) Manajemen pembelajaran dengan pendekatan Beyond Centers and Circle Time (BCCT) dalam mengembangkan multiple intelligences anak (studi kasus di TK IT Al Hikmah Semarang). Undergraduate (S1) thesis, UIN Walisongo Semarang.

[img]
Preview
Text
skripsi lengkap.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (5MB) | Preview

Abstract

Pendidikan anak usia dini merupakan masa perkembangan dan pertumbuhan yang sangat menentukan bagi anak di masa depannya atau disebut juga masa keemasan (golden age) sekaligus periode sangat kritis yang menentukan tahap pertumbuhan dan perkembangan. Penyelenggara pendidikan anak usia dini memerlukan pendekatan yang tepat agar dapat mengoptimalkan seluruh potendi yang dimiliki anak, terutama dalam melejitkan kecerdasan anak. Penelitian ini bertujuan untuk memperoleh suatu gambaran tentang manajemen pembelajaran yang berupa perencanaan, pelaksanaan dan evaluasi pembelajaran dengan pendekatan beyond centers and circle time (BCCT) dalam mengembangkan multiple intelligences anak di TK IT Al Hikmah Semarang. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi. Sumber data penelitian adalah kepala sekolah, waka kurikulum, dan guru kelas/guru sentra. Untuk keabsahan data penelitian ini menggunakan triangulasi sumber dan triangulasi metode. Teknik anlisis data dilakukan dengan cara reduksi data, display dan verifikasi data. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) perencanaan pembelajaran disusun dalam rapat kerja pada awal tahun ajaran berupa program tahunan (PROTA), program semester (PROMES), rencana pelaksanaan pembelajaran mingguan (RPPM), rencana pelaksanaan pembelajaran (RPPH). 2) pelaksanaan pembelajaran berpusat pada sentra dan menggunakan pijakan. Adapun ada empat pijakan untuk mengembangkan potensi dalam bermain anak, yaitu pijakan lingkungan main, pijakan sebelum main, pijakan saat main dan pijakan sesudah main. 3) evaluasi pembelajaran dengan pendekatan beyond centers and circle time (BCCT) dilakukan sejak anak dating disekolah sampai anak pulang yang berupa penilaian terhadap aspek perkembangan anak meliputi perkembangan nilai agama dan moral, fisik motorik, kognitif, bahasa, sosial emosional dan seni serta berbagai macam kecerdasan jamak yaitu meliputi kecerdasan logis matematis, linguistik, visual spasial, interpersonal, intrapersonal, musical, kinestetik, spiritual, dan naturalis. Dari hasil analisis akhir diperoleh kesimpulan bahwa proses pembelajaran dengan pendekatan beyond centers and circle time (BCCT) dalam mengembangkan multiple intelligences anak yang meliputi perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi pembelajaran memang harus diajarkan dan dikembangkan kepada peserta didik melalui belajar sambal bermain.

[error in script]
Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Contributors:
ContributionContributors (e.g. Thesis Advisor)Email
Thesis advisorMursid, MursidUNSPECIFIED
Thesis advisorMuslam, MuslamUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Manajemen pembelajaran; Beyond Centers and Circle Time (BCCT); Multiple intelligences; Kecerdasan jamak; Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD)
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 372 Elementary education > 372.2 Pendidikan dasar (Play gorup, TK, SD)
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Islam Anak Usia Dini (PIAUD)
Depositing User: Fuad Hasyim
Date Deposited: 02 May 2019 09:18
Last Modified: 02 May 2019 09:18
URI: http://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/9385

Actions (login required)

View Item View Item