Survey kepuasan mahasiswa terhadap pelayanan IAIN Walisongo

Musahadi, Musahadi (2014) Survey kepuasan mahasiswa terhadap pelayanan IAIN Walisongo. Research report (Laporan penelitian). LP2M IAIN Walisongo, Semarang.

[thumbnail of 9_Musahadi_SURVEY_KEPUASAN_MAHASISWA.pdf]
Preview
Text
9_Musahadi_SURVEY_KEPUASAN_MAHASISWA.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (17MB) | Preview

Abstract

Untuk mewujudkan visi dan misi IAIN Walisongo perlu mendapat perhatian adalah mempertimbangkan aspek kepuasan mahasiswa. Pentingnya perhatian khusus pada kepuasan mahasiswa juga dilandasi kesadaran IAIN Walisongo akan semakin ketatnya ancaman persaingan dengan perguruan tinggi yang membuka program sejenis. OIeh karena itu, diperlukan informasi berupa suvai pengukuran kepuasaan mahasiswa dalam rangka pengembangan kualitas pelayanan yang terus menerus dan berkesinambungan. Hasil survai pengukuran kepuasan mahasiswa dapat memberikan sumbangan pemikiran yang positif bagi IAIN Walisongo dalam mewujudkan institusi yang kredibel dan dipercaya masyarakat Dilaksanakannya penelitian tentang survey kepuasan mahasiswa adalah untuk mempelajari cara-cara memperbaiki mutu dan meningkatkan kepuasan mahasiswa terhadap pelayanan di IAIN Walisongo. Dari hasil penelitian didapatkan kesimpulan indeks kepuasan total dibentuk dari lima dimensi kualitas pelayanan yaitu responsiveness, reliability, emphaty, assurance dan tangibles. Kelima dimensi tersebut menggambarkan kepuasan dari customer dalam hal ini mahasiswa. Rata-tata indeks kepuasan mahasiswa IAIN Walisongo secara keseluruhan adalah sebesar 3.174 dan angka ini berada pada zona kepuasan cukup atau sedang. Kelima dimensi untuk mengukur kepuasan mahasiswa yaitu responsiveness, reability, emphaty, assurance dan tangibles berada pada zona kepuasan cukup. Hanya pada dimensi tangibles, indeks kepuasan paling rendah jika dibandingkan dengan dimensi lainnya.

Item Type: Monograph (Research report (Laporan penelitian))
Uncontrolled Keywords: Manajemen pendidikan tinggi Islam; Kepuasan mahasiswa
Subjects: 200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.7 Propagation of Islam > 297.77 Islamic religious education
300 Social sciences > 370 Education > 378 Higher education > 378.1 Organisasi dan aktivitas perguruan tinggi (dosen, staf, mahasiswa, kurikulum)
Divisions: Laporan Penelitian (Research Reports)
Depositing User: Miswan Miswan
Date Deposited: 18 Mar 2019 12:19
Last Modified: 18 Mar 2019 12:19
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/9417

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics