Analisis Faktor Penyebab Peserta Didik dengan Kecerdasan Intelegensi (IQ) Tinggi Memperoleh Hasil Belajar Matematika Rendah (Studi Kasus di Kelas XI IPA 4 dan XI IPA 5 MAN 1 Semarang Tahun Ajaran 2011/2012)

Aji, Muhammad Rizqi (2012) Analisis Faktor Penyebab Peserta Didik dengan Kecerdasan Intelegensi (IQ) Tinggi Memperoleh Hasil Belajar Matematika Rendah (Studi Kasus di Kelas XI IPA 4 dan XI IPA 5 MAN 1 Semarang Tahun Ajaran 2011/2012). Undergraduate (S1) thesis, IAIN Walisongo.

[img]
Preview
Text
083511022_Coverdll.pdf - Accepted Version

Download (482kB) | Preview
[img]
Preview
Text
083511022_Bab1.pdf - Accepted Version

Download (25kB) | Preview
[img]
Preview
Text
083511022_Bab2.pdf - Accepted Version

Download (103kB) | Preview
[img]
Preview
Text
083511022_Bab3.pdf - Accepted Version

Download (27kB) | Preview
[img]
Preview
Text
083511022_Bab4.pdf - Accepted Version

Download (73kB) | Preview
[img]
Preview
Text
083511022_Bab5.pdf - Accepted Version

Download (12kB) | Preview
[img]
Preview
Text
083511022_Bibliografi.pdf - Bibliography

Download (12kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh temuan-temuan dilapangan yang menunjukkan bahwa siswa kelas XI IPA 4 dan XI IPA 5 yang memperoleh hasil belajar matematika di bawah kriteria ketuntasan minimal (KKM), padahal skor IQ peserta didik tersebut antara 110-130 (cerdas dan superior). Adapun masalah yang dikemukakan dalam penelitia ini berupa pertanyaan sebagai berikut: (1) Faktor apa yang menyebabkan peserta didik yang mempunyai kecerdasan intelegensi tinggi memperoleh hasil belajar matematika rendah. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif yang bertujuan untuk menemukan masalah yang ada. Pengambilan subjek pada penelitian ini adalah empat peserta didik dari kelas XI IPA 4 dan tujuh peserta didik dari kelas XI IPA 5 MAN 1 Semarang tahun ajaran 2011/2012 yang mempunyai skor IQ di atas rata-rata akan tetapi memperoleh hasil belajar di bawah KKM. Berdasarkan hasil analisis data, diperoleh kesimpulan sebagai berikut: (1) faktor internal: (a) kurang teliti dalam mengerjakan soal, (b) kurang fit, (c) kurang belajar, (d) kurang menguasai materi, (e) kurang hafal rumus, (f) kurang tekun berlatih, (g) tidak mau mengerjakan tugas, (h) meremehkan pelajaran, (i) kurang bisa mengontrol emosi, (j) kurang motivasi, (k) berfikir secara sintetis, (l) sering mengikuti kegiatan ekstra, (m) merasa terbebani dengan kontrol dan target dari orang tua, (n) kurang percaya diri, (o) menunda-nunda pekerjaan, (p) tidak menyukai pelajaran. (2) faktor eksternal: (a) kurang adanya keakraban antara pendidik dan peserta didik, (b) metode yang digunakan kurang membekas pada peserta didik, (c) jam pelajaran yang diberikan kurang, (d) orang tua kurang tegas dalam pendidikan anak, (e) orang tua kurang terlibat langsung, (f) orang tua terlalu membebani anak, (g) kurang mendukung anak, (h) motivasi kurang dirasakan anak, (i) memberikan nasehat yang membuat anak merasa menanggung tanggung jawab, (j) orang tua kurang mengontrol anak. Dari hasil penelitian ini disarankan agar peserta didik harus lebih giat untuk latihan mengerjakan soal yang lebih variatif, sehingga tidak bingung ketika menemukan permasalahan atau soal yang baru. Pendidik lebih terbuka kepada peserta didik, sehingga kesulitan-kesulitan belajar yang dialami oleh peserta didik bisa terdeteksi oleh pendidik, dan peserta didik tidak canggung dan nyaman untuk menanyakan materi yang belum mereka fahami. Pihak sekolah bisa memberikan jam ekstra untuk pelajaran yang lebih sulit. Penelitian ini semoga bisa bermanfaat untuk peserta didik, pendidik, dan orang tua dalam upaya memperbaiki hasil belajar anak. Sehingga anak bisa lebih nyaman dan merasa memiliki tanggung jawab untuk bertanggung jawab atas diri mereka sendiri.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Kecerdasan Intelegensi; Hasil belajar; Matematika
Subjects: 100 Philosophy and psychology > 150 Psychology > 153 Mental processes and intelligence
300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education
500 Natural sciences and mathematics > 510 Mathematics > 519 Probabilities and applied mathematics
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Tadris > Tadris Matematika
Depositing User: Nur yadi
Date Deposited: 16 Dec 2013 05:24
Last Modified: 16 Dec 2013 05:24
URI: http://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/943

Actions (login required)

View Item View Item