Layanan bimbingan karir untuk pemantapan keputusan karir : studi kasus kelas X siswa SMK N 1 Sumber Rembang

Nikmah, Nafisatun (2018) Layanan bimbingan karir untuk pemantapan keputusan karir : studi kasus kelas X siswa SMK N 1 Sumber Rembang. Undergraduate (S1) thesis, UIN Walisongo Semarang.

[img]
Preview
Text
skripsi full.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (2MB) | Preview

Abstract

Bimbingan Konseling memiliki peranan yang sangat menentukan dalam rangka meningkatkan sumber daya manusia dan mengembangkan kepribadian serta potensi (bakat, minat dan kemampuan) peserta didik. Pada masyarakat yang semakin maju, masalah penentuan jati diri pada individu menjadi semakin rumit. Persyaratan untuk dapat diterima menjadi anggota masyarakat bukan saja kematangan fisik, melainkan juga kematangan mental, psikologis, kultural, intelektual, dan religius. Dalam pelayanan bimbingan dan konseling ada empat bidang bimbingan yang harus diberikan yaitu bimbingan pribadi, bimbingan sosial, bimbingan belajar dan bimbingan karir. Akan tetapi untuk mempersiapkan tantangan masa depan siswa harus mempunyai bekal bimbingan karir. Bimbingan karir pada hakekatnya merupakan salah satu upaya pendidikan melalui pendekatan pribadi dalam membantu individu untuk mencapai kompetisi yang diperlukan dalam menghadapi masalah-masalah karir. Penelitian ini adalah penelitian yang sifatnya deskriptif kualitatif karena sifatnya menggambarkan atau mendeskripsikan fenomena yang diteliti secara analisa. Penelitian kualitatif adalah prosedur penelitian yang menghasilkan data deskriptif berupa kata-kata tertulis atau lisan dari orang-orangnya dan pelaku yang dapat diamati.Penelitian jenis ini merupakan sebuah penelitian di mana data yang terkumpul berbentuk kata-kata, gambar, dan bukan angka-angka. Kalaupun ada angka-angka, sifatnya hanya sebagai penunjang. Penelitian deskriptif dirancang untuk memperoleh informasi tentang status gejala saat penelitian dilakukan. Penelitian ini diarahkan menetapkan sifat suatu situasi pada waktu penyelidikan dilakukan. Hasil penelitian menunjukan bahwa Pertama, pelaksanaan bimbingan karir di SMK N 1 Sumber dilakukan dengan dua bentuk yakni bimbingan kelompok dan bimbingan individu. Adapun materi yang disampaikan dalam bimbingan karier adalah tentang pelayanan bimbingan karir, perencanaan karir, karier serta kemantapan dan memilih karir. Sedangkan metode yang digunakan dalam bimbingan karir yang dilakukan di SMK N 1 Sumber Rembang adalah metode langsung (ceramah dan diskusi) dan metode tidak langsung (melalui radio dan akses internet). Kedua, hasil penelitian menunjukan bahwa secara keseluruhan siswa sudah memahami bimbingan karir sehingga mereka merasa yakin dengan pemantapan keputusan karir sesuai kemampuan masing-masing siswa. Pemantapan siswa dalam memilih karir sesuai kemampuannya dapat ditunjukkan dengan adanya sikap positif terhadap pekerjaan yang mereka pilih. Siswa lebih aktif dalam mencari informasi, aktif bertanya, aktif membicarakan pekerjaan yang mereka pilih serta mendiskusikannya dengan guru BK.

[error in script]
Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Contributors:
ContributionContributors (e.g. Thesis Advisor)Email
Thesis advisorKibtyah, MaryatulUNSPECIFIED
Thesis advisorSattar, AbdulUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Bimbingan karir; Bimbingan dan konseling
Subjects: 200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.7 Propagation of Islam > 297.74 Dakwah
300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.4 Bimbingan dan penyuluhan siswa, Bimbingan dan penyuluhan sekolah
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Bimbingan dan Penyuluhan Islam
Depositing User: Fuad Hasyim
Date Deposited: 04 Jul 2019 09:21
Last Modified: 04 Jul 2019 09:21
URI: http://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/9474

Actions (login required)

View Item View Item