Keefektifan Strategi Pembelajaran Kecakapan Hidup (Life Skill) dalam Pembelajaran Matematika terhadap Hasil Belajar Peserta Didik Kelas VIII Semester Genap pada Sub Materi Pokok Garis Singgung Persekutuan Dua Lingkaran di SMP Negeri 1 Wadaslintang Wonosobo Tahun Ajaran 2011/2012

Rahmanti, Yuliana (2012) Keefektifan Strategi Pembelajaran Kecakapan Hidup (Life Skill) dalam Pembelajaran Matematika terhadap Hasil Belajar Peserta Didik Kelas VIII Semester Genap pada Sub Materi Pokok Garis Singgung Persekutuan Dua Lingkaran di SMP Negeri 1 Wadaslintang Wonosobo Tahun Ajaran 2011/2012. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Walisongo.

[img]
Preview
Text
083511030_Coverdll.pdf - Accepted Version

Download (87kB) | Preview
[img]
Preview
Text
083511030_Bab1.pdf - Accepted Version

Download (38kB) | Preview
[img]
Preview
Text
083511030_Bab2.pdf - Accepted Version

Download (182kB) | Preview
[img]
Preview
Text
083511030_Bab3.pdf - Accepted Version

Download (97kB) | Preview
[img]
Preview
Text
083511030_Bab4.pdf - Accepted Version

Download (246kB) | Preview
[img]
Preview
Text
083511030_Bab5.pdf - Accepted Version

Download (16kB) | Preview
[img]
Preview
Text
083511030_Bibliografi.pdf - Bibliography

Download (22kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah strategi pembelajaran kecakapan hidup (life skill) dalam pembelajaran matematika efektif meningkatkan hasil belajar peserta didik kelas VIII semester genap pada sub materi pokok garis singgung persekutuan dua lingkaran di SMP Negeri 1 Wadaslintang Wonosobo Tahun Ajaran 2011/2012. Penelitian ini adalah penelitian eksperimen, yang dilaksanakan di SMP Negeri 1 Wadaslintang Wonosobo. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas VIII yang terbagi menjadi tujuh kelas, kemudian dipilih sampel menggunakan teknik cluster random sampling setelah dilakukan uji normalitas, homogenitas, dan kesamaan rata-rata pada seluruh populasi, dengan kelas VIII D sebagai kelas eksperimen dan kelas VIII C sebagai kelas kontrol. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan metode dokumentasi dan metode tes. Sebelum diberi perlakuan kedua kelas diuji keadaan awalnya dengan uji normalitas dan homogenitas dengan menggunakan nilai ujian akhir semester gasal. Kemudian kedua kelas diberi perlakuan yang berbeda, kelas eksperimen menggunakan strategi pembelajaran kecakapan hidup (life skill) dan kelas kontrol menggunakan pembelajaran konvensional. Setelah data hasil belajar dari perlakuan yang berbeda didapat, maka dilakukan prasyarat analisis yaitu uji normalitas dan homogenitas. Dalam uji hipotesis peneliti menggunakan uji t-tes. Berdasarkan perhitungan t-tes dengan taraf signifikan = 5% diperoleh thitung = 2,095, sedangkan ttable =1,67 Karena thitung > t table maka berarti rata-rata hasil belajar matematika peserta didik yang diajar dengan strategi pembelajaran kecakapan hidup (life skill) lebih baik dari pada peserta didik yang diajar dengan pembelajaran konvensional. Berdasarkan data yang diperoleh rata-rata nilai tes akhir kelas eksperimen = 67,2 dan kelompok kontrol = 54,9, sehingga dapat disimpulkan bahwa strategi pembelajaran kecakapan hidup (life skill) efektif meningkatkan hasil belajar peserta didik kelas VIII semester genap pada sub materi pokok garis singgung persekutuan dua lingkaran di SMP Negeri 1 Wadaslintang Wonosobo Tahun Ajaran 2011/2012.

[error in script]
Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Strategi Pembelajaran; Pembelajaran Matematika; Kecakapan Hidup; Hasil Belajar
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education
500 Natural sciences and mathematics > 510 Mathematics > 512 Algebra and number theory
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Tadris > Tadris Matematika
Depositing User: Nur yadi
Date Deposited: 16 Dec 2013 06:03
Last Modified: 16 Dec 2013 06:03
URI: http://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/948

Actions (login required)

View Item View Item