Dakwah di media sosial : studi fenomenologi dakwah di Instagram

Mutiawati, Imas (2018) Dakwah di media sosial : studi fenomenologi dakwah di Instagram. Undergraduate (S1) thesis, UIN Walisongo Semarang.

[thumbnail of SKRIPSI LENGKAP.pdf]
Preview
Text
SKRIPSI LENGKAP.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (3MB) | Preview

Abstract

Skripsi ini membahas tentang Dakwah di Media Sosial (Studi Fenomenologi Dakwah di Instagram). Tujuan penelitian ini adalah untuk menggali lebih dalam dan memahami tentang penggunaan serta bentuk dakwah Islam yang dapat dilakukan melalui media sosial instagram. Dalam penelitian ini metode yang digunakan adalah kualitatif dengan pendekatan fenomenologi. Penentuan sumber data ditentukan secara puposive sampling dan teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara dan dokumentasi. Bedasarkan analisis fenomenologi Alfred Schutz diperoleh hasil sebagai berikut: Pertama bahwa instagram dapat digunakan sebagai media dakwah. Dakwah dimedia sosial instagram kian marak khususnya di Indonesia, ditandai dengan bermunculannya da’i yang memanfaatkan akun media sosial instagram pribadinya sebagai media untuk berdakwah. Hal ini dipicu oleh banyaknya generasi milenial yang menggunakan dan menyukai instagram, juga kesadaran para da’i bahwa instagram merupakan media sosial yang mempunyai kekuatan luar biasa untuk membuat viral suatu konten dan kesadaran bahwa saat ini merupakan era dari audio visual. Kedua, terkait bentuk metode dakwah bil lisan, bil hal, dan bil qalam di instagram dapat di uraikan sebagai berikut : (1) Dakwah bil lisan jika diterapkan pada instagram yaitu melakukan siaran langsung ceramah atau pengajian dengan menggunakan fitur instagram live, menggunggah konten video dakwah menggunakan fitur instagram TV dan instagram video, melakukan diskusi atau tanya jawab pada fitur instagram direct (direct message). (2) Bentuk metode dakwah bil hal pada instagram yaitu mengunggah kegiatan amal pada fitur instagram foto dan instagram story dan menjadikan akun instagram pribadi sebagai media untuk berdakwah. (3) Bentuk metode dakwah bil lisan di instagram yaitu menulis konten dakwah melalui fitur instagram caption dan instagram story.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Fenomenologi; Media dakwah; Media sosial; Instagram; Internet
Subjects: 200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.7 Propagation of Islam > 297.74 Dakwah
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > 70233 - Komunikasi dan Penyiaran Islam (KPI)
Depositing User: Fuad Hasyim
Date Deposited: 04 May 2019 03:18
Last Modified: 03 Jul 2021 04:02
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/9496

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics